Masuk Zona Merah, Satgas Covid-19 Minta Depok Dikawal Ketat

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
10 August 2020 15:47
INFOGRAFIS, Mengenal Virus Corona dan Cara Mencegahnya

Jakarta, CNBC Indonesia - Kota Depok menjadi salah satu wilayah di Provinsi Jawa Barat yang menjadi sorotan lantaran banyaknya kasus Covid-19 dalam waktu beberapa hari terakhir.

Berdasarkan data terakhir yaitu Minggu (9/8/2020) yang disampaikan oleh Tim Satgas Covid19-19, kota Depok merupakan tertinggi untuk kasus Covid-19 di Jawa Barat dan berada di peringkat 17 secara nasional.


"Ini jika dibandingkan berdasarkan insidens kumulatif per 100 ribu penduduk di level nasional, Depok turun peringkatnya menjadi 68, ini berdasarkan dengan jumlah penduduknya dan dibandingkan 514 kota," ujar Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah, di Graha BNPB, Jakarta, Senin (10/8/2020).

Dia menyebut, Depok menjadi salah satu kota di Jawa Barat dengan banyaknya kasus positif karena mobilitas penduduknya yang terbilang tinggi. Yaitu pekerja yang memang berkantor di wilayah sekitar yaitu Jabotabek.

"Daerah ini harus punya ekstra perhatian khusus. Catatan, agar hati-hati apabila kerjanya mobile dari satu wilayah ke wilayah lainnya," tegasnya.

Memang, merujuk pada data pada 9 Agustus 2020 yang disampaikan oleh Satgas Covid-19, ada 5 kota/kabupaten dengan kasus tertinggi di Jawa Barat yaitu di Bandung Kabupaten dan Kota, Cirebon, Kota Cimahi dan Sukabumi. Sementara itu, jika dilihat dari 5 besar kasus tertinggi, urutan pertama adalah Kota Depok, Bekasi, Bandung, Bekasi dan Bogor.

"Ada 3 faktor kenaikan, laju penularan tinggi bisa karena banyaknya kasus positif dan kontak tracing belum berjalan, dia sudah keburu interaksi dengan orang lain, adanya kluster baru hingga jumlah tes yang ditingkatkan," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading