RI Butuh Jutaan Ahli IT, Ini Lowongan Paling Dicari & Gajinya

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
04 August 2020 11:17
Peserta CPNS mengikuti seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Kantor Walikota Jakarta Timur, Jumat (26/10). Peserta yang lolos akan mengikuti tahap seleksi berbasis komputer yang akan digelar serentak 26 Oktober hingga 17 November 2018.  (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan Indonesia membutuhkan 9 juta talenta digital dalam kurun waktu 15 tahun ke depan. Talenta digital ini dibutuhkan untuk membangun ekonomi digital di tanah air.

"Kita membutuhkan talenta digital sebanyak kurang lebih 9 juta orang untuk 15 tahun ke depan," kata Jokowi, Senin (3/8/2020).

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut Indonesia harus menyiapkan 600 ribu talenta digital per tahun dan pandemi Covid-19 harus menjadi momentum percepatan untuk melakukan percepatan transformasi digital.


Lantas profesi bidang Informasi Teknologi (IT) apa yang paling dibutuhkan Indonesia saat ini? Dalam laporan Kelly Services bertajuk 'Indonesia Salary Guide 2020', hampir semua sektor di Indonesia membutuhkan tenaga ahli di bidang IT. Mulai dari sektor jasa keuangan hingga sektor manufaktur.

Untuk sektor perbankan dan jasa keuangan paling tidak ada empat kemampuan tenaga ahli IT yang paling dibutuhkan. Yakni chief information officer dengan pengalaman lebih dari 15 tahun yang bergaji Rp 145 juta hingga Rp 275 juta.

Lalu chief information security officer dengan pengalaman di atas 10 tahun dengan gaji Rp 92 juta hingga Rp 154,5 juta. Lalu ada posisi senior vice president IT infrastructure dengan pengalaman lebih dari 15 tahun dan bergaji Rp 93 juta hingga Rp 125 juta.

Pada Sektor consumer good and services, ada dua profesi yang paling dibutuhkan. Yakni software engineer dengan pengalaman di atas 3 tahun dan bergaji Rp 17 juta hingga Rp 26 juta. Lalu senior applications engineer dengan pengalaman di atas 6 tahun dan bergaji Rp 9 juta hingga 13 juta.

Pada sektor teknologi dan telekomunikasi ada beberapa posisi untuk ahli IT yang paling dibutuhkan. Yakni, Analyst programme dengan gaji Rp 7 juta hingga Rp 15 juta; data analyst bergaji Rp 8 juta hingga Rp 20 juta dan cloud engineer bergaji Rp 9 juta hingga Rp 16 juta.

Lalu ada posisi senior system engineer bergaji Rp 40 juta hingga Rp 66 juta, software developer bergaji Rp 16 juta hingga Rp 45 juta, IT support bergaji Rp 8 juta hingga Rp 15 juta hingga java programmer bergaji Rp 8 juta hingga Rp 15 juta.


(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading