Apple Blokir Puluhan Ribu Game dari China, Ada Apa?

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
01 August 2020 18:20
FILE PHOTO: An Apple company logo is seen behind tree branches outside an Apple store in Beijing, China December 14, 2018. REUTERS/Jason Lee/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia- Sebuah riset menyatakan Apple menghapus ribuan aplikasi game dari pengembang China. Apple Inc dikatakan menghapus 29.800 aplikasi dari App store Cina pada hari Sabtu, termasuk lebih dari 26.000 game. Hal ini berdasarkan data dari perusahaan riset Qimai.

Penghapusan itu terjadi di tengah tindakan keras terhadap permainan tanpa izin oleh otoritas Cina. Meski demikian pihak Apple belum memberikan tanggapan.

Awal tahun ini Apple memberi developer game tenggat waktu hingga akhir Juni untuk menyerahkan nomor lisensi yang dikeluarkan pemerintah yang memungkinkan pengguna melakukan pembelian dalam aplikasi. Sebenarnya App Store Android China telah lama mematuhi peraturan itu, namun belum jelas mengapa Apple memberlakukannya dengan ketat tahun ini.


Dilansir dari Reuters, perusahaan telah menghapus lebih dari 2.500 judul dari app store-nya selama minggu pertama bulan Juli. Game yang terpengaruh termasuk dari Zynga dan Supercell, perusahaan riset SensorTower melaporkan pada saat itu.

Sebelumnya Pemerintah Cina telah lama berupaya untuk menegakkan peraturan yang lebih ketat pada industri game-nya untuk menghapus konten sensitif. Proses persetujuan untuk game dalam aplikasi adalah panjang dan rumit, dan berdampak negatif pada semua developer games kecuali pengembang game terbesar.

"Ini paling memengaruhi pendapatan pengembang kecil dan menengah, tetapi karena kesulitan memperoleh lisensi bisnis, itu menghancurkan seluruh industri game iOS di China," kata Todd Kuhn, manajer pemasaran untuk AppIn China, sebuah perusahaan yang membantu perusahaan luar negeri mendistribusikan aplikasi mereka.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading