NASA Luncurkan Misi ke Mars Sore Ini, Begini Cara Menontonnya

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
30 July 2020 15:55
Nasa (Dok mars.nasa.gov)

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Antariksa Amerik Serikat (NASA) akan meluncurkan misi ke Mars pada sore ini pukul 18:50 WIB. Berikut cara menonton peluncuran pesawat ruang angkasa ke Planet Merah ini.

Peluncuran misi ke Mars ini akan disiarkan langsung oleh NASA melalui www.nasa.gov/nasalive. Saluran lainnya melalui akun YouTube resmi NASA. Livestreamingnya akan dibuka pada pukul 18:00 WIB.

Misi ini akan membawa robot Rover Perseverance seukuran mobil seharga US$2,7 miliar atau setara Rp 39,15 triliun (asumsi Rp 14.500/US$). NASA akan menggunakan roket Atlas V miliki United Launch Alliance dan meluncur dari Cape Canaveral Air Force Station, Florida,AS.


Misi ke Mars NASA kali ini bertujuan untuk mengumpulkan tanda-tanda kemungkinan kehidupan Mars kuno. Robot Rover Perseverance beroda enam akan mengumpulkan dan menyimpan beberapa lusin sampel yang akan dibawa pulang ke Bumi, yang diperkirakan pada awal 2031.

INFOGRAFIS, Negara-Negara Ini Berlomba Terbang ke MarsFoto: Infografis/Berlomba Terbang ke Mars/Edward Ricardo.

Misi ke Mars ini akan menguji beberapa teknologi eksplorasi baru. Misalnya, MOXIE (Mars Oxygen ISRU Experiment) milik Persevenrance yang bakal menghasilkan oksigen dari atmosfir Mars yang tipis dan didominasi karbon dioksida (CO2).

Mars 2020 akan menjadi misi ketiga dan terakhir untuk diluncurkan menuju Planet Merah pada tahun ini. UEA sudah meluncurkan misi ke Mars pada 19 Juli dan China pada 23 Juli 2020.

Seorang pejabat NASA mengatakan jika dalam peluncuran ini terjadi cuaca buruk, misi ke Mars akan dialihkan menjadi 15 Agustus 2020. Bila kembali gagal maka NASA harus menunggu 26 bulan untuk meluncurkan misi luar angkasa ke planet merah ini, seperti dikutip dari Space.com, Kamis (30/7/2020).


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading