Mau Jadi Relawan Uji Coba Vaksin Covid-19? Ini Kriterianya

Tech - dob, CNBC Indonesia
26 July 2020 20:00
Sinovac, Vaksin Covid-19 (Dok.Sinovac.com)

Jakarta, CNBC Indonesia- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjelaskan kriteria sukarelawan untuk menjalani uji klinis vaksin virus corona (Covid-19) dari perusahaan farmasi Sinovac asal China bekerja sama dengan PT Bio Farma.

Kang Emil, sapaan Ridwan kamil, mengatakan ada lebih dari 1.600 sukarelawan yang dibutuhkan untuk menjalani uji coba vaksin. Adapun kriteria dari sukarelawan adalah warga Bandung Raya dan sekitarnya dan sehat jasmani serta rohani.

"Supaya mudah pengawasannya, kriteria pertama harus warga Bandung raya dan sekitarnya, kedua sehat jasmani rohani. Bisa datang dari relawan khusus, umum, TNI-Polri, maupun pejabat. Saya kira nanti dikondisikan bagaimana baiknya," ujarnya, seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, Minggu (26/7/2020).


Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa Rencananya, uji klinis akan dilakukan di enam tempat, yakni Rumah Sakit Pendidikan Universitas Padjadjaran (Unpad), Balai Kesehatan Unpad di Jalan Dipati Ukur, serta empat puskesmas di Kota Bandung. Uji klinis diharapkan selesai dalam waktu enam bulan.

Uji coba vaksin Covid-19 merupakan kerja sama antara Sinovac dengan BUMN PT Bio Farma. Jumlah vaksin yang telah diterima Bio Farma mencapai 2.400 fail yang setara dengan 2.400 dosis.

Dalam uji coba ini, Bio Farma akan bekerja sama dengan Fakutas Kedokteran Universitas Padjajaran. Bio Farma rencananta akan mengambil sampel sebanyak 1.620 subjek dengan rentang usia antara 18-59 tahun.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading