Corona Menggila, Startup Ini yang Mau Didanai BRI Ventures

Tech - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
21 July 2020 20:49
'Sembrani Nusantara' Program BRI Ventures yang Menyasar Startup Finteh (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Covid-19 menyebabkan tekanan di hampir semua lini bisnis tanah air. Tak terkecuali dengan perusahaan rintisan (startup) yang sudah menyandang status unicorn atau bervaluasi di atas US$1 miliar. 

Dalam webinar bertajuk Market Outlook Digital Startup & Venture Capital Industry, Chief Executive Officer (CEO) BRI Ventures, Nicko Widjaja memaparkan, beberapa sektor industri startup yang terdampak pandemi Covid-19, salah satunya yang berkaitan erat dengan industri jasa pariwisata seperti Traveloka.

Startup ini terimbas dari kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang menyebabkan aktivitas maupun travelling menjadi terbatas. "Nah kalau lihat Traveloka di Bloomberg, valuasinya sudah banyak berkurang," tuturnya, Selasa (21/7/2020). 


Akan tetapi, pada saat yang bersamaan, lanjut Nicko, beberapa startup justru cukup resilience (tahan) dengan pandemi ini. Utamanya startup yang bergerak di sektor pendidikan, kesehatan, ritel makanan. Kebijakan bekerja dan belajar dari rumah menjadi katalis positif bagi startup di sektor ini. 

Nicko melanjutkan, melalui Dana Ventura BVI Saham Alokasi Sembrani Nusantara, perseroan fokus  memberikan pendanaan bagi startup digital di Indonesia serta dapat mengumpulkan dana sampai dengan Rp 300 miliar.

Dana ventura ini tidak hanya akan fokus pada sektor financial technology (fintech) melainkan di sektor Education, Agro maritim, Ritel, Transportasi, kesehatan (Health), atau EARTH. 

Catatan CNBC Indonesia, saat ini BRI Venture sedang mengincar sekitar 10-15 startup di early stage, yang dinahkodai oleh founder lokal. Apalagi Indonesia memiliki peran penting dalam ekosistem ekonomi digital di Asean, terutama dengan pasarnya yang besar.

"Fundraising kali ini Rp 300 miliar, kami sudah ada komitmen dari institusi pendanaan yang lain. Ini bisa mencapai 10-15 dengan sektor EARTH yang dicanangkan, nanti 2-3 tahun buat deployment karena ini early stage jadi tidak bisa cepat juga time line-nya," kata Nicko saat peluncuran, Rabu (24/06/2020) lalu.

Kehadiran Dana Ventura Sembrani Nusantara diharapkan bisa mengakselerasi startup lokal dengan menghadirkan produk atau jasa yang berbasis digital baik secara online maupun offline. Pendanaan akan difokuskan untuk seed-growth stage yang terdiri dari seed funding dan pendanaan awal Seri A (Series A). 


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading