Saat Streaming Film Ilegal Marak, Tokopedia Jual Film Bajakan

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
21 July 2020 18:10
Infografis: Film Terlaris Sepanjang 2019

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Covid-19 membuat warga Indonesia banyak mengunjungi situs streaming film ilegal. Masalahnya film bajakan juga banyak dijual di Tokopedia.

Menonton melalui streaming Film ilegal dan membeli film bajakan sama berbahayanya. Pasalnya, aktivitas ini merugikan para sineas dan industri perfilman serta pemerintah.

Menonton streaming film dan membeli film bajakan melanggar hak cipta dan bisa dikenakan hukum pidana. Melakukan kedua aktivitas ini juga membuat negara kehilangan pendapatan pajak.


Film bajakan dengan mudah ditemukan di Tokopedia. Kamu tinggal menuliskan kata 'film' di kolom search maka akan muncul deretan film bajakan. Ada yang berbentuk flashdisk, DVD hingga hardisk. Biayanya dari Rp 2 ribu hingga Rp 1,25 juta.

Film BajakanFoto: Penjualan film bajakan di Tokopedia (doc. Tokopedia)

Salah satunya pemilik toko online Jasa Isi Film yang menjual hardisk 1 TB berisi lebih dari 200 film Box Office dengan genre horor, action, advance hingga romance.

Toko online ini menyebut film yang ditawarkannya Berkualitas tinggi Bluray MKV/MP4 720/1080p. Ia menjual film beserta hardisk 1TB senilai Rp 1,25 juta.

Film BajakanFoto: Film bajakan dijual di Tokopedia (doc. Tokopedia)


Lainnya AgenG08 Store. Toko online ini menawarkan film animasi yang dimuat dalam flash disk 64GB. Pemilik toko mengklaim film tersebut original dan ada garansi resmi 5 tahun.

Toko online ini menjajakan jualannya Rp 220 ribu per flashdisk. Ia bahkan sudah berhasil menjual produk ini sebanyak 70 unit.

Update hingga Selasa (21/7/2020) pukul 21.00 WIB pihak atau manajemen Tokopedia belum memberikan konfirmasi mengenai pemberitaan ini.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading