Selain RI, Ini Negara yang Pakai Vaksin Corona dari China

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
21 July 2020 11:49
Infografis/Mengenal  2 Kandidat Terkuat Vaksin Covid-19 Menurut WHO/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Vaksin Covid-19 buatan Sinovac telah tiba di Indonesia. Vaksin ini akan melakukan uji klinis fase tiga ke manusia. Selain Indonesia, ini negara yang pakai vaksin corona dari China.

Vaksin Sinovac China ini sudah dibawa ke Bandung dan uji fase tiga akan dilakukan oleh Bio Farma. Rencananya uji klinis ini akan dilakukan pada Agustus dan selesai dalam 6 bulan. Bila berhasil akan diproduksi massal.

Namun, Sinovac ternyata tak hanya melakukan uji klinis fase tiga di Indonesia. Negara lainnya adalah Brazil. Sinovac bekerja sama dengan Instituto Butantan dan akan melakukan uji ke 9.000 tenaga medis yang menangani Covid-19, seperti dilansir dari Aljazeera, Selasa (21/7/2020).


Sinovac juga melakukan uji klinis fase tiga di Bangladesh. Uji ini akan melibatkan 2.100 relawan dan menargetkan uji ini akan rampung pada November 2020. Bila berhasil akan diproduksi secara massal.

Vaksin Covid-19 buatan Sinopharm juga melakukan uji klinis fase tiga di luar China. Negara pertamanya adalah Abu Dhabi. Uji ini melibatkan 15.000 relawan dan telah mendapatkan izin dari otoritas kesehatan setempat.

Vaksin Covid-19 buatan CanSino juga akan diuji klinis fase tiga di luar China. Saat ini perusahaan sedang melakukan pembicaraan dengan Rusia, Brasil, Chile dan Saudi Arabia untuk menguji vaksin ini. Perusahaan berencana merekrut 40.000 relawan dalam uji ini.

Informasi saja, World Health Organization (WHO) mencatat ada 160 vaksin Covid-19 yang dikembangkan di seluruh dunia. 21 vaksin sedang diujikan ke manusia di mana China memiliki lima kandidat vaksin, terbanyak dibanding negara lain.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sederet Fakta Vaksin Covid-19 Pertama yang Dipatenkan China


(miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading