Hacker Bobol Twitter Bill Gates Cs, Dapat Bitcoin Rp 1,75 M

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
17 July 2020 12:52
FILE PHOTO - A small toy figure is seen on representations of the Bitcoin virtual currency in this illustration picture, December 26, 2017. REUTERS/Dado Ruvic

Jakarta, CNBC Indonesia - Pada Rabu (15/7/2020), hacker membobol akun twitter orang terkenal seperti Bill Gates, Barrack Obama hingga Kim Kardashian. Ternyata aktor jahat ini berhasil meraup US$121.000 atau setara Rp 1,75 miliar dalam satu jam.

Dalam peretasan ini, hacker mengimbau followers akun yang dibajak untuk mengirimkan Bitcoin untuk digandakan. Nyata ini aksi penipuan. Menurut Eliptic, perusahaan cryptocurrency, hacker menerima 400 pembayaran dalam Bitcoin dengan nilai Rp 1,75 miliar.

Meski begitu, co-founder Eliptic Tom Robinson mengatakan angka ini tak istimewa bila mengkaitkannya sebagai aksi pembobolan terbesar Twitter dalam sejarah dan akun-akun pesohor dunia yang diambilalihnya.


"Mengingat skala komprominya, Saya tidak berpikir nilai itu sangat banyak. Mereka memang melakukan eksploitasi dengan sangat canggih tetapi tidak pandai untuk menghasilkan uang," ujar Tom Robinson, seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Jumat (17/7/2020).

Untuk menampung dana penipuan, hacker menggunakan tiga dompet penampungan dan salah satu alamatnya di cryptocurrency Ripple. Salah satu transaksi pembayaran adalah sebesar US$42.000 yang dilakukan di bursa pertukaran cryptocurrency Jepang.

Tak lama dana dikirim ke dompet digital, uang tersebut ditransfer ke dompet digital lainnya. Kemungkinan hal ini untuk mencairkan Bitcoin menjadi uang resmi negara. Bursa penukaran Gemini menyatakan telah memasukkan alamat tempat penampungan cryptocurrency ke daftar hitam (blacklist).


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading