Jangan Kaget! Biaya Berlangganan Netflix Cs Bakal Lebih Mahal

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
01 July 2020 11:32
FILE - This Jan. 29, 2010, file photo shows the company logo and view of Netflix headquarters in Los Gatos, Calif. Netflix's normally lighthearted Twitter account took on a more somber tone on Saturday, May 30, 2020:

Jakarta, CNBC Indonesia - Bagi kamu yang berlanggan layanan digital luar negeri seperti Neflix cs jangan kaget bila tagihan bulanan menjadi lebih mahal. Ini karena setiap transaksinya akan dibebankan pajak pertambahan nilai (PPN) sebesar 10%.

Ini merupakan kebijakan dari Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 48 tahun 2020 tentang tata cara penunjukkan, pemungutan, dan penyetoran serta pelaporan PPN atas pemanfaatan barang kena pajak tak berwujud dan/ atau jasa kena pajak dari luar daerah Pabean. Aturan ini berlaku mulai hari ini 1 Juli 2020.

Netflix dan perusahaan sejenisnya akan menyetorkan PPN 10% ke pemerintah mulai Agustus 2020. Sebelumnya Direktorat Jenderal Pajak mengklaim sudah ada 6 perusahaan yang bersedia memungut dan menyetorkan pajak PPN ini.


Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama, mengatakan dalam waktu dekat DJP akan merilis aturan turunan mengenai kriteria pelaku usaha yang akan menjadi pemungut PPN 10% dari penggunanya.

Ada beberapa kriteria perusahaa pemungut PPN 10%. Pertama, pelaku usaha yang menjadi pemungut pajak harus memiliki nilai transaksi penjualan kepada konsumen Indonesia melebihi Rp 600 juta dalam satu tahun atau Rp 50 juta dalam satu bulan.

Kedua, memiliki jumlah traffic atau pengakses di Indonesia melebihi 12 ribu dalam satu tahun atau 1.000 dalam satu bulan.

DJP menekankan, penunjukan pemungut PPN didasarkan atas besaran nilai transaksi dengan pembeli di Indonesia, atau jumlah traffic atau pengakses dari Indonesia tanpa memandang domisili atau yurisdiksi tempat kedudukan pelaku usaha.

Mengutip data Statista, Netflix memiliki 481.450 pelanggan di Indonesia pada 2019. Bahkan pelanggannya diperkirakan naik dua kali lipat pada tahun depan menjadi 906.800.

Saksikan video terkait di bawah ini:

Siap-siap! Biaya Langganan Netflix Bakal Naik


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading