Bill Gates Ungkap Kapan Vaksin Covid-19 Ditemukan

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
26 June 2020 15:18
Microsoft founder Bill Gates arrives for a meeting with European Commission President Jean-Claude Juncker at the EU Commission headquarters in Brussels January 22, 2015. REUTERS/Francois Lenoir

Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri Microsoft Bill Gates mengungkapkan vaksin Covid-19 akan ditemukan pada akhir tahun ini atau awal 2021. Ini selaras dengan prediksi penasihat Presiden Donald Trump Anthony Fauci.

Pada Februari 2020, Bill Gates melalui yayasan nirlaba Bill & Malinda Gates menjanjikan dana hingga US$100 miliar untuk membantu pengendalian virus corona Covid-19 di dunia. Dana tersebut bisa digunakan untuk membantu menemukan vaksin, membatasi penyebaran dan meningkatkan deteksi dan perawatan pasien.

Bill Gates mengatakan vaksin akan ditemukan dan sebagian besar orang akan menerima vaksin ini.


"Jika itu adalah vaksin yang hebat, termasuk bisa memblokir penularannya, 70-80% orang akan menggunakan vaksin tersebut," ujar Bill Gates kepada CNN International, seperti dikutip Jumat (26/6/2020).

Bill Gates mengungkapkan selain menemukan vaksin, masalah lain yang harus carikan solusinya adalah distribusi, memastikan semua orang dapat mengakses vaksin Covid-19.

Sebelumnya, Bill Gates mengaku sedih melihat penanganan virus corona Covid-19 di dunia. Ia menyebut penanganan pandemi di dunia dan AS 'lebih suram' dari yang diharapkan.

Bill Gates pun mencontohkan apa yang terjadi di Amerika Serikat (AS). Menurutnya masih banyaknya orang sekarat karena Covid-19 hari ini di AS menunjukkan tindakan pemerintah masih jauh dari cukup untuk memerangi pandemi.

"Sangat mungkin untuk meningkatkan tes [Covid-19] untuk patogen (penyakit) baru dengan sangat, sangat cepat," ujarnyaa.

"Sebenarnya sejumlah negara melakukan hal ini dengan sangat baik dan teknologinya terus membaik di sana. AS khususnya belum memiliki pesan kepemimpinan atau koordinasi yang Anda harapkan."

Saksikan video terkait di bawah ini:

Simak! Ini 2 Kandidat Vaksin Covid-19 Terdepan Versi WHO


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading