Bill Gates Soal Penangan Covid-19: Lebih Suram

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
26 June 2020 14:48
Philanthropist and Co-Chairman of the Bill & Melinda Gates Foundation Bill Gates gestures as he speaks to the audience during the Global Fund to Fight AIDS event at the Lyon's congress hall, central France, Thursday, Oct. 10, 2019. French President Emmanuel Macron said the conference of the Global Fund to fight against AIDS, tuberculosis and malaria raised at least $13.92 billion for the next three years. (Ludovic Marin/Pool Photo via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri Microsoft Bill Gates mengaku sedih melihat penanganan virus corona Covid-19 di dunia. Ia menyebut penanganan pandemi di dunia dan AS 'lebih suram' dari yang diharapkan.

Bill Gates pun mencontohkan apa yang terjadi di Amerika Serikat (AS). Menurutnya masih banyaknya orang sekarat karena Covid-19 hari ini di AS menunjukkan tindakan pemerintah masih jauh dari cukup untuk memerangi pandemi.

"Sangat mungkin untuk meningkatkan tes [Covid-19] untuk patogen (penyakit) baru dengan sangat, sangat cepat," ujarnya kepada CNN International, seperti dikutip Jumat (26/6/2020).


"Sebenarnya sejumlah negara melakukan hal ini dengan sangat baik dan teknologinya terus membaik di sana. AS khususnya belum memiliki pesan kepemimpinan atau koordinasi yang Anda harapkan."

Bill Gates melayangkan kritik pada sebagian orang di AS yang mengabaikan virus corona dengan tidak menerapkan protokol kesehatan seperti tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak (social distancing).

"Beberapa orang hampir merasa ini adalah masalah politik yang tidak menguntungkan," kritiknya.

Bill Gates menampik pernyataan Gedung Putih yang menyebut peningkatan kasusu corona di AS karena tingginya test Covid-19 yang dilakukan pemerintah. Ia menyebut pernyataan tersebut sepenuhnya salah.

Menurut data Universitas Johns Hopkins, ada 2,4 juta warga AS yang positif Covid-19, 122.000 orang di antaranya meninggal. AS kini menjadi negara dengan kasus corona tertinggi di dunia.

Saksikan video terkait di bawah ini:

Penjualan Tesla Kokoh pada Q2-2020


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading