Produsen Baterai Mobil Listrik Tesla Mau Bangun Pabrik di RI

Tech - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
23 June 2020 17:56
LG chem. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Produsen baterai asal Korea Selatan LG Chem akan mendirikan pabrik pembuatan sel baterai kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) di Indonesia. LG Chem dikabarkan akan membuat usaha patungan dengan Hyundai Motor Group untuk mewujudkan rencana tersebut.

Dalam laporan Reuters pada Selasa (23/6/2020), menyatakan Ketua Grup LG Koo Kwang-mo sudah bertemu dengan Wakil Ketua Eksekutif Hyundai Motor Group Eui Sun Chung untuk membahas kerja sama dalam baterai EV.

Ilustrasi baterai pada mobil listrik yang dikemas dalam komponen yang aman. electrec.coFoto: Ilustrasi baterai pada mobil listrik yang dikemas dalam komponen yang aman. electrec.co
Ilustrasi baterai pada mobil listrik yang dikemas dalam komponen yang aman. electrec.co

Namun sayangnya, meski LG Chem dan Hyundai Motor Group mengkonfirmasi pertemuan, kedua perusahaan mengatakan tidak ada keputusan tentang usaha yang potensial yang dibagikan.


Dalam beberapa tahun terakhir, LG Chem telah bekerja sama dengan General Motors Co asal AS dan Geely Automobile Holdings Ltd, asal China. LG Chem sendiri termasuk dalam perusahaan terbesar LG Grup, bersama LG Electronics Inc.

Selain itu, LG Chem juga memasok baterai untuk Tesla, produsen mobil listrik yang sedang menjadi perhatian dunia. Laporan media The Investor asal Korea, LG Chem memasok 14% baterai untuk 88.461 mobil listrik yang diproduksi Tesla pada kuartal I/2020.

Sedangkan perusahaan Hyundai Motor Co, dan Kia Motors Corp, serta pembuat onderdil mobil Hyundai Mobis Co Ltd termasuk dalam perusahaan Hyundai Motor Group.

Usaha pabrik bersama sel baterai akan menjadi yang pertama bagi Hyundai, yang masih dipandang sebagai pendatang baru di pasar EV.

Hyundai mempertimbangkan untuk memulai produksi EV yang dirancang untuk Asia Tenggara di pabrik baru di Indonesia, pusat produksi mobil terbesar kedua setelah Thailand.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading