Kapan Blokir Netflix Dibuka? Ini Penjelasan Bos Telkom

Tech - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
19 June 2020 19:49
Ririek Adriansyah/Doc.Telkomsel

Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) buka suara perihal kemungkinan Telkom akan kembali membuka layanan video on demand Netflix. Pasalnya, sejak 2016 sampai sekarang, Telkom masih belum juga membuka blokir tersebut.

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah menuturkan, hingga saat ini Telkom dan Netflix masih melakukan diskusi lebih lanjut mengenai kemungkinan dibukanya akses Netflix di layanan Grup Telkom melalui Indihome maupun Telkomsel, entitas anak perseroan.

"Kami masih diskusi dengan Netflix, insya allah bisa segera menutup gap yang ada. Poinnya lebih kepada pemenuhan compliance," tutur Ririek, dalam Press Conference virtual, Jumat (19/6/2020).


Salah satu pemenuhan compliance tadi, adalah konten-konten yang dihadirkan Netflix juga harus tetap menghadirkan konten buatan lokal. "Sehingga pembukaan akses Netflix akan kita jalankan," jelasnya lagi.

Catatan CNBC Indonesia, Telkom dan penyedia layanan hiburan film raksasa Netflix terus melakukan pembicaraan mengenai kerja sama di antaranya keduanya.

"Sejauh ini ada progress," kata Vice President Corporate Communication Telkom Indonesia Arif Prabowo kepada CNBC Indonesia, Selasa (9/6/2020).

Namun, Arif belum mau mengatakan lebih jauh soal adanya kemajuan hasil diskusi tersebut. Ia hanya mengaku segera menyampaikannya kepada publik.

Memang ada beberapa prasyarat yang diajukan Telkom agar Netflix bisa kembali dibuka aksesnya. Selain menjunjung tinggi regulasi terutama soal konten, kebijakan untuk menurunkan konten juga sudah harus disiapkan.

"Kita berharap kedua pihak bisa mendapatkan kesepakatan," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading