Pengguna Samsung Mengeluh, Muncul Iklan di Smartphone

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
11 June 2020 15:41
A salesperson (R) serves a customer at a Samsung phone showroom in Jakarta, Indonesia, January 26, 2018. REUTERS/Beawiharta

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa pengguna smartphone Samsung Galaxy di Korea Selatan mengeluhkan kemunculan iklan banner di aplikasi bawaan Samsung seperti apikasi Weather, Samsung Health dan Samsung Pay.

Keluhan ini disampaikan pengguna di situs Samsung Members. Kebanyakan keluhan berisi curhat ketidaknyamanan soal iklan di aplikasi Weather di ponsel Samsung Galaxy yang dijalankan menggunakan sistem operasi Android.

Salah satu tangkapan layar yang diposting oleh pengguna menunjukkan gambar iklan cabai merah dengan frasa: "Mengapa cuaca panas membuat nafsu makan untuk makanan asam dan pedas."


"Saya menemukan iklan ini di aplikasi Weather setelah pembaruan," kata pengguna seperti dikutip dari The Korea Herald, Kamis (11/6/2020). "Saya telah menggunakan aplikasi bawaan karena saya benci melihat iklan di aplikasi cuaca lain yang dikembangkan oleh developer pihak ketiga."

Menanggapi keluhan konsumen ini, Samsung mengakui bahwa menyusupkan iklan di perangkat ponselnya namun dilakukan secara selektif.

"Saat ini iklan pada aplikasi Weather diterapkan secara selektif dan kami belum membuat keputusan untuk memperluasnya di masa depan," tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Samsung juga mengungkapkan iklan tersebut hanya ditampilkan pada pengguna Amerika Serikat dan Korea Selatan dan tidak memanfaatkan data penguna.

Menampilkan iklan di aplikasi bawaan merupakan salah satu cara menambah pundi-pundi keuangan perusahaan dari software. Cara ini sudah dijalankan oleh Xiaomi dan Realme.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading