Legenda e-Sports China Ini Pensiun di Usia 23 Tahun, Kenapa?

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
05 June 2020 10:43
Jian Zihao. IG: rnguzilol
Jakarta, CNBC Indonesia - Bagi penggemar e-sports dan game online nama Jian Zihao pasti tak asing lagi. Namun kini para penggemarnya tak bisa lagi menonton aksinya sebab legenda e-sports China ini memilih pensiun dini diusia 23 tahun.

Dia mengumumkan pensiun dini ini melalui akun media sosial Weibo miliknya. Jian Zihao menjadi pemain e-sports profesional sejak 2012 dan memainkan game League of Legends dengan nama 'Uzi' dan 'Mad Dog'.

Alasannya mengundurkan diri karena masalah kesehatan dan stress selama bermain game online dan ikut turnamen e-sports.


"Dengan sangat menyesal, saya memberitahu kalian semua bahwa saya sudah memutuskan untuk pensiun," ujarnya seperti dikutip dari BBC International, Jumat (5/6/2020).

Jian Zihao menambahkan akibat begadang bertahun-tahun, makanan yang tak dikontrol dan stress yang dihadapinya membuatnya menderita Diabetes tipe-2. Dia telah berusaha untuk mengubah jadwal kerjanya dan minum obat tetapi situasi tidak berubah.

"Keadaan mental saya tidak sebaik sebelumnya. Dokter telah memberi jika saya melanjutkan hal ini mungkin ada komplikasi serius. Terima kasih kepada penggemar saya atas dukungan dan persahabatan Anda selama ini," tulisnya.

Kecanduan game merupakan salah satu masalah besar yang dihadapi China. Hal ini berdampak buruk kesehatan anak. Tahun lalu China membuat aturan jam malam game online bagi mereka berusia di bawah 18 tahun. Mereka dilarang main game dari jam 22.00 hingga 08.00 pagi.

China sendiri adalah pasar game terbesar kedua di dunia, tetapi pemerintah telah berulang kali mengatakan video game berdampak negatif pada kaum muda. World Health Organization (WHO) sendiri telah mengkategorikan gangguan karena ketagihan main game online sebagai gangguan kesehatan mental.

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading