Drakorindo, Streaming Film Drama Korea & Konsekuensinya

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
03 June 2020 14:22
Dari kiri: Son Ye-jin, Jun Ji-hyun, Song Hye-kyo, Han Ji-min dan Shin Min-ah adalah di antara aktris hallyu berpengalaman yang telah membantu membuat drama Korea menjadi kisah sukses global. Foto: Instagram
Jakarta, CNBC Indonesia - Drama Korea Selatan lagi naik daun di Indonesia. Salah satu situsĀ streaming film buat nonton gratis drama Korea Selatan yang sering diakses adalah Drakorindo. Tetapi, hati-hati ada bahaya yang mengintai.

Situs Drakorindo ini menawarkan film drama Korea terbaru bersubtitle Indonesia. Contohnya The World of The Married yang begitu sangat populer di Indonesia yang tanya di salah satu stasiun televisi tanah air.

Selain Drakorindo, situs streaming film drama Korea yang rajin dikunjungi adalah Dramakoreaindo dan Gosemut.


Namun, menonton streaming film Drama Korea ini membawa dampak negatif. Sebab menumbuh suburkan pembajakan film di tanah air. Dampaknya pada sineas yang sudah susah payah membuat film.


"Para sineas pasti paling terasa. Mereka sibuk membuat kemudian menjual karyawan, bukannya untung malah rugi karena penonton berkurang karena lari ke situs streaming film ilegal. Bisa saja mereka akhirnya malah membuat film lagi," ujar Pengamat Siber dari Media Kernels Indonesia, Ismail Fahmi, Selasa (2/6/2020).

Dampak negatif lainnya, menonton streaming film online ilegal ini membuat pendapatan negara berkurang karena situs ini tidak membayar pajak. Belum lagi citra negara rusak karena warga yang memilih menonton film bajakan ketimbang film legal di bioskop atau saluran resmi lainnya.

Ismail Fahmi mengungkapkan situs streaming ini bisa saja mengandung bahaya bagi penontonnya. Bisa saja situs yang terbuka secara otomatis dari ketika menglik streaming film ini mengandung malware yang merusak perangkat komputer atau ponsel.

"Kita juga harus bertanya kenapa mereka mengasih secara free, apa untungnya? Ternyata mereka mengambil data kita. Mereka mengambil untung dari situ," jelas Ismail Fahmi.

Fahmi pun menyarankan pengguna untuk mengakses situs streaming film legal seperti Netflix, Iflix dan sejenisnya. Sekarang ini biaya berlangganan situs ini sudah tergolong murah dan terjangkau.

"Mereka sering mengejar gratisan padahal ada harga yang lebih mahal dari dampak negatif mengakses situs streaming film ilegal. Komputer menjadi lambat, data diambil, itu mereka enggak sadar kalau cost itu lebih mahal," ungkapnya.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading