Pakai GrabExpress, Bisa Kirim Parcel Lebaran dari Rumah

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
22 May 2020 12:35
Grab Berjibaku Melawan COVID-19 (Dok. Grab) Foto: Grab Berjibaku Melawan COVID-19 (Dok. Grab)
Jakarta, CNBC Indonesia - Grab tak hentinya memanjakan pengguna dengan fitur-fitur yang memudahkan dan berguna bagi kondisi saat ini, khususnya di tengah kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah wilayah.

Pertama, melalui GrabAssistant pengguna bisa meminta bantuan kepada mitra pengemudi untuk berbelanja barang di toko pilihan seperti toko kelontong atau toko lainnya.

Terbatasnya mobilitas, GrabAssistant menjadi jawaban guna membantu kebutuhan mendesak. Mitra pengemudi akan membayar barang yang telah dibelanjakan dan pengguna dapat membayarnya setelah barang sampai.


Caranya, pengguna hanya perlu mencantumkan barang yang akan dibeli serta estimasi harga barang, dimana tokonya dan mitra pengantaran Grab siap membantu memenuhi belanjaan. Transaksi dilakukan dengan metode Cash on delivery.


Salah satu pengguna layanan GrabAssistant adalah Jessyca, pemilik toko Toko Sembako Yenny yang terus berjualan selama pandemi Covid-19 dan juga di bulan Ramadan untuk terus menyediakan kebutuhan sehari-hari.

"Pelanggan Toko saya bisa meminta tolong kepada mitra pengantaran untuk membayar barang yang akan dibeli. Limitnya Rp 200 ribu untuk GrabBike dan Rp 500 ribu untuk GrabCar. Ketika pesanan sampai, pelanggan bisa melakukan pelunasan kepada mitra pengantaran," ujarnya mengutip keterangan tertulis Grab di Jakarta, Jumat (22/5/2020).

Fitur yang ditawarkan membuat layanan pengantaran dan pembelian barang di toko naik signifikan. Tercatat pesanan GrabExpress di segmen social seller naik 40% dibanding dengan bulan sebelumnya. Data juga mencatat pengguna GrabAssistant naik hingga 2,5 kali lipat sebulan terakhir.

Berikutnya, Grab juga meningkatkan layanan melalui GrabExpress yang bisa mengantarkan kue lebaran, parcel, hampers hingga masakan khas lebaran ke kerabat dan teman.

Head of GrabExpress, Tyas Widyastuti mengatakan Grab dengan layanan GrabExpress siap mengantar kiriman lebaran masyarakat Indonesia dengan cepat dan tepat.

"Dengan berbagai kemudahan yang dimiliki GrabExpress, tradisi saling berbagi di lebaran dapat dilakukan dengan mudah. Masyarakat dapat menggunakan GrabExpress Instant Bike untuk barang dengan ukuran kecil dan juga GrabExpress Instant Car untuk barang dengan ukuran besar dan jumlah banyak," ujarnya.

GrabExpress memang terdiri dari dua layanan yaitu GrabExpress Instant Bike dan GrabExpress Instant Car. GRabExpress juga berkolaborasi dengan Ninja Express, ditujukan bagi pengguna yang ingin mengantar kiriman lebaran ke kota lain. Kolaborasi ini juga memungkinkan kiriman barang diantar ke seluruh Indonesia.

Berikutnya, sebagai upaya untuk mendukung perkembangan UMKM di Indonesia, GrabExpress mengadakan kompetisi Pasar Kaget GrabExpress mulai 18-31 Mei 2020. Melalui kompetisi ini GrabExpress mengajak pemilik bisnis lokal sebagai layanan pengantaran kepada pelanggan.

10 bisnis dengan transaksi tertinggi akan terpilih menjadi pemenang. Hadiahnya berupa penayangan profil bisnis pemenang di Instagram serta akun @GrabID akan mengadakan LIVE Session.


"Melalui berbagai layanan dan kegiatan, kami berharap dapat membantu masyarakat Indonesia untuk terus menjaga silaturahmi saat lebaran. Kami juga berharap layanan dan kegiatan ini dapat membantu UMKM di Indonesia untuk terus berkembang," pungkasnya. (dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading