Membanggakan! RI Kini Punya 55 Produk untuk Tangani Covid-19

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
20 May 2020 12:57
Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19. Dok: Kemenkes
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Wdodo (Jokowi) meresmikan puluhan produk karya tangan putra putri bangsa berupa teknologi maupun inovasi yang bertujuan untuk mempercepat penanganan Covid-19.

Setidaknya ada 55 produk dalam negeri yang diresmikan kepala negara melalui siaran langsung secara virtual. Dari puluhan produk tersebut, Jokowi pun telah melihat 9 produk buatan anak bangsa tersebut.


"Hari ini kita patut berbangga karena dari tangan-tangan anak bangsa, dari tangan kita sendiri, kita mampu menghasilkan karya yang sangat dibutuhkan," kata Jokowi, Rabu (20/5/2020).


Adapun beberapa produk yang sudah dilihat langsung Jokowi antara lain Rapid Diagnostic Test IgG/IgM Covid-19, serta sejumlah produk PCR Test Kit Covid-19 yang diyakini sudah bisa diproduksi di atas 100.000.

PCR IndonesiaFoto: PCR Indonesia (Dok Kementerian BUMN)

"Kemarin saya sudah melihat sendiri ada rapid test yang waktu saya tanya bisa produksi berapa, kira-kira 100.000. [...] Kemudian ada ventilator, emergency ventilator," kata Jokowi.

"Kemudian juga ada Mobile Bio Safety ini juga bisa kita kerjakan sendiri. Ada produk Immuno Modulator juga sama kita bisa bikin sendiri. Ada Artificial Intelligence untuk mendeteksi Covid. ini juga bisa kita kerjakan sendiri," katanya.

Jokowi mengaku cukup optimistis bahwa sesuatu yang selama ini tidak pernah terpikirkan, kini bisa diciptakan sendiri oleh tangan anak bangsa. Bahkan, kepala negara tak ragu menyebut Indonesia bisa bermandiri sekarang.

"Dulunya tidak pernah kita pikirkan, dan kita hanya iport, sekarang ini kita bisa mandiri. Karena kita bisa produksinya sendiri dan lebih dari itu kita juga harus mampu menghasilkan vaksin sendiri," katanya.


[Gambas:Video CNBC]



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading