Google Tiba-tiba Alami 'Krisis' Laptop, Ada Apa Nih?

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
15 May 2020 18:57
Google signage is seen at Google headquarter in the Manhattan borough of New York City, New York, U.S., December 17, 2018. REUTERS/Jeenah Moon
Jakarta, CNBC Indonesia - Google dilaporkan sedang alami 'krisis' laptop dan belum bisa memfasilitasi kebutuhan karyawan barunya.

Hal ini terungkap dari memo internal yang disampaikan manajemen perusahaan ke karyawan pada awal Mei ini. Dampak dari masalah, Google pun memperlambat kecepatan untuk mempekerjakan karyawan baru.


"Perangkat (laptop) belum tersedia di sejumlah lokasi. kami berusaha semampu kami untuk mendapatkan laptop sebanyak mungkin, tetapi sekarang belum memungkinkan untuk membekali semua orang dengan laptop," ujar manajemen dalam memo internalnya, seperti dilansir dari CNBC International, Jumat (15/5/2020).


"Itu karena pemasok utama kami mengalami kekurangan produksi."

Google memang menawarkan perangkat kerja seperti laptop dan ponsel kepada karyawan untuk menunjang kerja dari rumah. Google memiliki 300.000 karyawan yang sebagian besar kerja dari rumah. Google juga merekrut 4.000 karyawan baru tahun ini yang harusnya disediakan laptop atau ponsel.

Pasokan laptop di dunia juga terganggu karena karena virus corona. Beberapa perusahaan masih menghentikan produksi dan dampak dari lockdwon atau karantina wilayah atau tidak beroperasi dengan kapasitas penuh. Kendala yang dihadapi Google kemungkinan juga bisa dihadapi oleh perusahaan besar lainnya.

Seorang juru bicara Facebook mengatakan proses penyediaan peralatan bagi karyawan baru sudah kembali seperti semula, tetapi mengakui proses orientasi karyawan baru telah diperlambat sejak perusahaan menganjurkan karyawan bekerja dari rumah pada Maret 2020.

Google sendiri berencana untuk membuka kantor mulai awal Juni 2020. Tetapi karyawan yang dapat melakukan pekerjaan dari rumah akan dapat melakukannya sampai akhir tahun.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading