5 Aplikasi Video Call Gratis di Ponsel Android, Mudik Digital

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
15 May 2020 15:45
Warga menghubungi kerabatnya yang menjadi pasien melalui layanan panggilan video di fasilitas Pojok Sahabat di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Kamis (30/4/2020). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
Jakarta, CNBC Indonesia - Tahun ini, warga tak disarankan mudik ke kampung halaman. Sebagai gantinya disarankan mudik digital dengan menggunakan aplikasi video call gratis di ponsel Android.

Presiden Joko Widodo memang menyarankan masyarakat untuk melakukan mudik digital di Lebaran ini. Tujuannya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona Covid-19. Musik ke kampung halaman bisa membuat keluarga tercinta tertular corona.

"Seluruh dunia saat ini tengah menghadapi pandemi Covid-19. Maka dari itu, cara paling bijaksana adalah tidak melakukan perjalanan mudik untuk melindungi keluarga di kampung halaman. Dengan bersabar dan menahan rindu di perantauan, kita telah mengambil peran dalam memutus rantai penyebaran virus Covid-19 ini," ujarnya seperti dikutip CNBC Indonesia, Jumat (15/5/2020).


Mudik digital maksudnya menyambung silaturahmi dan berkomunikasi dengan saudara dan teman dekat menggunakan aplikasi video call. Aplikasi video call sekarang ini cukup mudah didapatkan.


Bahkan aplikasi ini sebenarnya sudah terinstall dalam ponsel tetapi sangat jarang untuk digunakan. Berikut ini aplikasi buat video call gratis buat mudik online:

1. WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi sejuta umat. Aplikasi ini paling sering digunakan untuk berkomunikasi. WhatsApp memiliki fitur video call dengan 8 orang dalam satu panggilan. Caranya, telepon orang ingin dihubungi lewat video call, setelah tersambuk ketuk ikon '+' lalu tambahkan peserta video call.

2. Google Duo

Aplikasi ini sebenarnya sudah ada di ponsel Android karena termasuk aplikasi bawaan Google. Saat ini aplikasi ini bisa menampung 12 orang dalam satu kali panggilan dan akan ditambahkan menjadi 32 orang dalam waktu dekat.

Cara memakai aplikasi masuk ke aplikasi kemudian pilih "Create Group" dan undang orang yang ingin diajak ngobrol. Bila Google Duo ditautkan dengan Gmail, mereka yang punya alamat email kamu juga bisa menghubungi via Googel Duo.

3. Line

Ini adalah aplikasi chatting asal Jepang yang populer di kalangan anak muda. Aplikasi ini baru saja meningkatkan kapasitas video call menjadi 200 orang. Untuk menggunakan tinggal ketika opsi video call di ruang percakapan dan undang teman yang ingin diajak ngobrol.

4. Messenger Rooms

Ini layanan baru tetapi gampang ditemui karena menempel di aplikasi Facebook dan Facebook Messenger. Fitur ini sudah bisa digunakan secara global dan menampung 50 orang dalam satu panggilan.

Cara menggunakan tinggal masuk ke Messenger kemudian klik 'People' dan "Create Room". Selanjut tinggal mengundang mereka yang ingin diajak ngobrol.

5. Google Meet

Ini juga ada di ponsel Android. Dulu namanya Hangouts. Video call menggunakan aplikasi bisa sampai 100 orang dan satu kali panggilan maksimal 60 menit. Cara gunakannya tinggal pilih opsi video call dalam aplikasi kemudian buat grup untuk bisa ngobrol.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading