Halo Gamers, Ini Cara Dapat Uang dari Facebook Gaming!

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
11 May 2020 18:35
REFILE - CLARIFYING CAPTION Silhouettes of mobile users are seen next to a screen projection of Facebook logo in this picture illustration taken March 28, 2018.  REUTERS/Dado Ruvic/Illustration Foto: REUTERS/Dado Ruvic
Jakarta, CNBC Indonesia - Facebook akhirnya masuk bisnis game dengan meluncurkan aplikasi Facebook Gaming. Para gamer yang jadi creator bisa mendapatkan uang dari Facebook Gaming.

Masuknya Facebook dalam streaming game ini akan membuat Facebook bersaing dengan Twitch, Mixer dan YouTube Gaming. Bentuknya pun sama di mana pengguna bisa bermain game sambil live streaming.


Ada tiga cara untuk menghasilkan uang dari Facebook Gaming. Yakni, iklan (ads), stars dan fan support (subscriptions). Kita bahas satu per satu. Para creator atau gamer bisa menyisipkan iklan di video yang dimiliki tetapi iklan ini akan muncul pada jendela pemutar video sehingga tidak mengganggu jalan live streaming.


Lalu Stars. Ini bisa dikatakan koin digital Facebook Gaming. Jadi pengguna akan membeli Stars dan memberikan memberikannya kepada kreator konten atau video yang disukai. Star ini akan dikonversi menjadi uang.

Setiap kreator akan mendapatkan US$0,01 untuk setiap Star dan bisa dicairkan bila sudah terkumpul 100.000 Stars atau US$100. Terakhir, fan support. Untuk fitur ini kreator harus mengaktifkan fitur fan support akan viewer akan membayar sejumlah uang untuk menonton konten eksklusif yang ditawarkan.

Informasi saja, Facebook Gaming baru berusia 1 bulan. Facebook masuk bisnis ini karena potensi bisnis yang besar. Nilai pasarnya kini mencapai US$160 miliar. Facebook menguji aplikasi Facebook Gaming di Asia Tenggara dan Amerika Latin selama 18 bulan terakhir dan berencana untuk merilisnya di Google Play store untuk perangkat Android dan iOS.

Aplikasi baru ini mencakup game kasual dan akses ke komunitas game. Dalam aplikasi ini ada fitur Go Live yang memungkinkan pengguna mengunggah streaming game seluler lain di perangkat yang sama dengan hanya menekan beberapa tombol. Ini kemudian dapat dibagikan ke halaman Facebook pribadi seseorang, yang bisa membuat seseorang lebih mudah untuk menjadi streamer amatir.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya

Akhirnya Google Stadia Bisa Dimainkan di Ponsel Samsung


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading