Ini Vaksin Corona dari China yang Diklaim Siap September

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
27 April 2020 14:36
cover topik/dunia berlomba mencari vaksin virus corona dalam/Aristya Rahadian Krisabella
Jakarta, CNBC Indonesia - Vaksin virus corona Covid-19 yang dibuat China diprediksi akan siap untuk kebutuhan mendesak pada September 2020. Sedangkan tersedia untuk umum pada awal 2020. Seperti apa vaksin tersebut?

Berdasarkan data World Health Organization (WHO) yang dikutip Senin (27/4/2020), ada 86 tim yang sedang mengembangkan vaksin corona. Enam diantaranya sudah dicobakan kepada manusia, di mana tiga di antaranya sudah diujicobakan ke manusia.


Tiga dari enam vaksin yang sedang diujicobakan ke manusia ini merupakan buatan perusahaan China dan diujicoba di Tiongkok. Vaksin paling terdepan dari CanSino Biological In dan Beijing Institute yang sudah melakukan uji fase kedua.


Lalu Vaksin buatan Beijing Institute of Biological Products dan Wuhan Institute of Biological Product yang melakukan uji fase pertama. Vaksin buatan Sinavac juga sedang ujicoba fase pertama.

Informasi saja ada tiga fase uji klonis virus corona sebelum tersedia bagi publik. Fase pertama ketika vaksin diujicobakan ke manusia dalam jumlah kecil. Fase kedua merupakan uji keamanan dan kemanjuran obat yang dicobakan ke manusia dalam jumal menengah.

Fase ketiga uji keamanan dan kemanjuran dalam jumlah besar. Selanjutnya, persetujuan peraturan final dan pembuatan pabrik sambil mendaftarkan vaksin di setiap negara.

Sebelumnya, Gao Fu Kepala Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China mengatakan vaksin corona yang saat ini berada di fase 2 atau fase 3 uji klinis dapat tersedia ketika terjadi gelombang kedua wabah. Tiga vaksin China telah menyelesaikan uji coba tahap pertama.

"Kami berada di garis depan untuk pengembangan vaksin, dan kami mungkin memiliki vaksin yang siap untuk penggunaan darurat pada bulan September," kata Gao. "Vaksin yang baru dikembangkan ini, yang masih dalam uji klinis fase dua atau fase tiga, dapat digunakan untuk beberapa kelompok khusus orang, misalnya petugas kesehatan," ujarnya.

"Kami mungkin memiliki vaksin untuk populasi sehat awal tahun depan", tetapi ia menekankan bahwa kelayakannya akan bergantung pada "kemajuan perkembangan uji coba".

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading