Prediksi Bill Gates Kapan Vaksin Corona Tersedia Bagi Publik

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
24 April 2020 16:32
Bill Gates speaks during an interview with Reuters in London, Britain, April 18, 2018. REUTERS/Hannah McKay
Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri Microsoft Bill Gates mengatakan vaksin corona menjadi satu-satunya cara agar hidup kembali normal. Lalu kapan vaksin virus corona akan tersedia bagi publik?

Bila mengikuti prosedur normal, dibutuhkan waktu lima tahun. Ini adalah standard khas pengembangan vaksin untuk melawan penyakit baru. Pasalnya, ada beberapa tahap yang harus dilakukan.


Pertama, ditemukan membuat kandidat vaksin. Kedua, uji coba ke binatang. Ketiga, uji coba ke manusia dalam jumlah kecil (fase 1). Keempat, uji keamanan dan kemanjuran obat ke manusia dalam menengah (fase 2).


Keempat, uji keamanan dan kemanjuran dalam jumlah besar (fase 3). Kelima, persetujuan peraturan final dan pembuatan pabrik sambil mendaftarkan vaksin di setiap negara.

Menurut Bill Gates, dalam kondisi tidak normal seperti saat ini, waktu tersebut bisa dipotong. Caranya melakukan uji coba vaksin fase pertama dan fase kedua secara bersamaan, sembari mencobakan calon vaksin kepada hewan dan membangun kapasitas produksi. Semua ini dilakukan secara paralel.

"Meski begitu, tidak ada yang tahu pendekatan vaksin mana yang akan bekerja, jadi beberapa dari mereka perlu didanai sehingga mereka dapat maju dengan kecepatan penuh. Banyak pendekatan vaksin akan gagal karena tidak akan menghasilkan respons imun yang cukup kuat untuk memberikan perlindungan," ujarnya seperti dikutip dari blog pribadinya, Jumat (24/4/2020).

"Para ilmuwan akan merasakan hal ini dalam waktu tiga bulan pengujian vaksin yang diberikan pada manusia dengan melihat generasi antibodi. Yang menarik adalah apakah vaksin akan melindungi orang tua, yang sistem kekebalannya tidak merespons terhadap vaksin."

Bill Gates menambahkan tantangan besar uji coba vaksin adalah menemukan lokasi dengan tingkat infeksi cukup tinggi. Ini bisa memakan waktu sebab butuh izin regulator dan ketika disetujui bisa saja jumlah pasien yang terinfeksi menurun.

Tantangan lain dari vaksin corona adalah produksi vaksin. Ada miliaran dosis yang harus disiapkan untuk vaksinasi penduduk dunia. Untuk itu pembuatannya harus melibatkan banyak perusahaan.

"Saya sering ditanya kapan vaksinasi skala besar akan dimulai. Seperti pejabat kesehatan masyarakat top Amerika, saya mengatakan kemungkinan 18 bulan lagi, meskipun bisa dipersingkat jadi 9 bulan. Bagian kunci akan menjadi panjang dari uji coba fase 3, di mana keamanan dan kemanjuran penuh vaksin ditentukan," ungkap Bill Gates.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading