Ada COVID-19, Bagaimana Kabar 5G di RI, Pak Menkominfo?

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
21 April 2020 20:03
Menkominfo Johnny G Plate (CNBC Indonesia/Efrem)
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate berharap bahwa penerapan teknologi 5G di Indonesia masih sesuai perencanaan awal. Namun tidak menutup kemungkinan akan terkendala akibat pandemi COVID-19.

"Penerapan teknologi 5G dan iOT akan berdampak karena covid-19.dan akan berdampak pada perencanaan investasi operator seluler. pemerintah berharap penerapan teknologi terbaru ini tetap sesuai penyelenggaraan seluler," ucap Johnny di acara MarkPlus Industry Roundtable, (21/4/2020).

Maka dari itu, menurutnya, pemerintah secara terbuka akan menerima usulan serta mendukung dari segi regulasi kepada operator seluler untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan masyarakat saat kondisipandemi termasuk mengadopsi teknologi baru, yakni 5G.
"Pemerintah dan industri dapat melakukan forecasting bersama-sama dengan data dan informasi yang akurat sehingga kebijakan dan regulasi yang ditempuh akan efektif menjaga keberlangsungan para operator seluler," ucapnya.


Selain itu, Johnny juga menjelaskan kalau saat ini pemerintah masih memikirkan beberapa pilihan terkait 5G yakni teknologi apa yang akan dipakai dan ekonomi jangka panjang yang aman dari efisien sebagai negara.
Ia menambahkan bukan hanya dari sisi pemerintah juga dari sisi dunia usaha. Penerapan 5G tidak serta merta diluncurkan begitu saja harus melewati perhitungan dari kesiapan ekosistem bisnisnya.
"Pemerintah akan membuka ruang seluas-luasnya bagi operator yang akan bahas implementasi teknologiĀ 5G. Tak perlu khawatir mengetuk pintu, mengkomunikasikannya dan menyampaikan ke saya yang jadi pertimbangan pikiran dan kendala untuk dibahas bersama sama," kata Johnny.


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading