Soal Ruangguru di Kartu Pra Kerja, Ini Penjelasan Pemerintah

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
16 April 2020 13:56
[DALAM] Kartu Pra Kerja Foto: Tim Infografis CNBC Indonesia
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah menjawab tuduhan miring masyarakat, soal adanya startup Ruangguru dalam program Kartu Prakerja.

Adanya startup Ruangguru dalam program Kartu Pra Kerja menjadi sorotan netizen karena dinilai berpotensi menimbulkan konflik kepentingan. Adamas Syah Belva Devara yang merupakan pendiri Ruangguru juga merupakan staf khusus milineal Presiden Joko Widodo (Jokowi).


Panji Winanteya Ruky, Tenaga Ahli Kedeputian III Kantor Staf Kepresidenan (KSP) yang juga sekaligus menjadi Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja mengatakan, para mitra lembaga pelatihan dalam program Kartu Pra Kerja merupakan program kerja sama.

"Kita [Pemerintah] tidak membayar investasi ke lembaga pelatihan [...]. Delapan platform digital adalah mitra. Bisa dievaluasi kinerjanya dan bisa menghentikan kerja sama," kata Panji kepada CNBC Indonesia, Rabu (15/4/2020).

Adapun delapan platform digital yang dimaksud yakni Tokopedia, Skill Academy by Ruangguru, Maubelajarapa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Pijarmahir, dan Sisnaker.

Kedelapan platform  itu juga kata Panji yang sudah memenuhi syarat pemerintah, seperti yang tertuang dalam Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian No. 3 Tahun 2020, tentang pengembangan kompetensi kerja melalui progam kartu prakerja.

Beberapa kriteria yang bisa menjadi mitra pemerintah dalam pelaksanaan program kartu prakerja yakni harus memiliki aplikasi, situs internet, dan/atau layanan konten lainnya berbasis internet. Syarat lainnya adalah memiliki kerja sama dengan lembaga pelatihan yang mempunyai program berbasis kompetensi kerja.

"Ini merupakan kolaborasi melalui perjanjian kerja sama. Kesepakatan bersama kerja sama, bukan tender," tuturnya.

[Gambas:Video CNBC]


Uang Peserta Kartu Prakerja Lari ke Startup?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading