Duh! 6 Gunung di RI Dikabarkan Erupsi Bersamaan?

Tech - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
11 April 2020 18:58
Beberapa gunung api di Indonesia dikabarkan erupsi secara bersamaan.
Jakarta, CNBC Indonesia - Sebanyak 6 gunung api di Indonesia dikabarkan erupsi secara bersamaan. Hal ini pun terlihat dari banyaknya unggahan di sosial media Twitter mengenai meletusnya 6 gunung tersebut.

Bahkan, meletusnya 6 gunung api dalam hampir waktu bersamaan ini dituliskan bersumber dari magma.esdm.go.id. Ini adalah situs resmi yang menampilkan aktivitas dan status gunung-gunung yang ada di Indonesia.




Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rudy Suhendar pun membenarkan keenam gunung tersebut meletus di waktu yang hampir bersamaan. Keenam gunung tersebut merupakan dari 10 gunung yang aktif di Indonesia.

"Betul (meletus). Kerinci, Anak Krakatau, Merapi, Semeru, Karangetang dan Dukono," ujarnya kepada CNBC Indonesia, Sabtu (11/4/2020).

Namun, ia menekankan ini bukan menjadi sesuatu yang perlu dikhawatirkan karena sudah biasa terjadi. Apalagi gunung tersebut masih aktif.

"Kejadian gempa bumi memang tiap hari ada kejadian, hanya intensitasnya (skala) beda-beda," jelasnya.

Ia menambahkan, gunung api yang aktif akan sering menunjukkan pergerakan yang tidak bisa diprediksi. Jadi meletusnya beberapa gunung hampir bersamaan sudah biasa terjadi.

"Ada gunung api yang memang sudah lama menunjukkan aktivitasnya secara menerus, jadi bukan suatu kebetulan," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]





(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading