Operator Telko Alokasikan Rp 1,9 T Untuk Internet Murah

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
07 April 2020 19:25
Kominfo meminta para operator seluler untuk berkontribusi dengan memberikan kualitas dan layanan selama wabah pandemi virus corona covid-19 ini berlangsung.
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meminta para operator seluler untuk berkontribusi dengan memberikan kualitas dan layanan selama wabah pandemi virus corona covid-19 ini berlangsung.

Menteri Kominfo, Johnny G Plate, mengungkapkan bahwa sampai saat ini kontribusi para perusahaan telekomunikasi di Indonesia telah mengalokasikan dana dengan total mencapai Rp 1,9 triliun untuk internet terjangkau di Indonesia

"Kami mengundang CEO Operator untuk berkontribusi. Dalam rupiah sekitar 1,9 triliun per bulan untuk internet gratis di sekolah, kampus dan lembaga pendidikan," ungkap Johnny saat rapat kerja bersama Komisi 1 DPR, (7/4/2020).


Ia menuturkan bahwa meminta para perusahaan untuk penyediaan produk yg mendukung solusi work from home (WFH) sesuai kapasitas masing-masing. Selain itu, para operator juga harus melakukan optimasi, maintenance terhadap BTS.

"Hingga saat ini dengan diberlakukan WFH ada perubahan penggunaan internet. Normal biasanya besar di gedung kantor, sekolah. Saat ini di perumahan. hasilnya ada peningkatan internet 5-10 persen. Masih di bawah tahun lalu saat hari raya peningkatan bisa 20-30 persen," ungkap Johnny.

Maka dari itu, Johnny menghimbau agar masyarakat lebih bijak dalam menggunakan internet karena penggunaannya cukup penting bagi para karyawan yang WFH.

"Spektrum frekuensi yang terbatas, bandwidth terbatas maka pemanfaatan ruang digital kita harus efisien, dilakukan dengan baik benar dan bermanfaat. kami menjaga supaya infrastruktur dan bandwith cukup," pungkasnya.

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading