Setelah Facebook, YouTube Juga Bikin Kompetitor TikTok

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
02 April 2020 10:37
YouTube sepertinya gerah melihat popularitas TikTok yang terus meroket. Youtube pun segera meluncurkan aplikasi pesaing TikTok yang diberi nama Shorts.
Jakarta, CNBC Indonesia - YouTube sepertinya gerah melihat popularitas TikTok yang terus meroket. Kabarnya aplikasi berbagi video milik Google ini akan segera meluncurkan aplikasi pesaing TikTok yang diberi nama Shorts.

Laporan The Information menyebutkan aplikasi Shorts akan memungkinkan pengguna meng-upload video pendek ke feed yang ada di dalam aplikasi dengan memanfaatkan lisensi musik milik YouTube Music, seperti dilansir dari The Verge, Kamis (2/4/2020).

Kehadiran TikTok memang membuat resah raksasa teknologi AS. Aplikasi video pendek buatan Bytedance ini dengan cepat meraih popularitas di kalangan anak muda. Dalam dua tahun terakhir TikTok bahkan bisa tumbuh di atas 125%.


The Information mengungkapkan jumlah jumlah download TikTok melalui Play Store dan App Store dalam 12 bulan terakhir sudah tembus 842 juta kali atau naik 15% secara tahunan (yoy).

Sebelumnya, YouTube juga sudah mengadopsi fitur mirip Stories Instagram di platformnya. Alasannya, YouTube memberikan layanan yang paling dibutuhkan 2 miliar lebih pengguna aktifnya.


Sebelumnya, Facebook juga sudah membuat aplikasi pesaing bernama Lasso. Aplikasi ini diluncurkan pada 2018 silam dan sedang melakukan uji coba di pasar Brasil dan Meksiko.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading