Bocoran Perubahan Masif Aplikasi Sejuta Umat WhatsApp

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
02 April 2020 08:22
Setelah merilis fitur Dark Mode, Aplikasi perpesanan milik Facebook, WhatsApp bakal menawarkan perubahan masif dengan fitur-fitur baru lainnya.
Jakarta, CNBC Indonsia - Setelah merilis fitur Dark Mode, Aplikasi perpesanan milik Facebook, WhatsApp bakal menawarkan perubahan masif dengan fitur-fitur baru lainnya.

Fitur pertama yang sedang dikerjakan oleh WhatsApp adalah fitur Expiring Messages. Ini adalah fitur mengilangkan pesan secara otomatis. Dalam uji coba sebelumnya fitur ini bernama Disappearing Messages dan Revoke Messages.

Mengutip WABetaInfo, Rabu (1/4/2020), fitur ini sedang diujicobakan pada pesan pribadi dan percakapan grup WhatsApp. Bila grup WhatsApp, pengaturan penghapusan pesan secara otomatis ini hanya bisa dilakukan oleh admin.


Untuk pesan pribadi bisa dilakukan secara mandiri. Jadi penghapusan pesan otomatis ini ada beberapa opsi mulai dari penghapusan pesan setelah 1 hari sejak dibaca, 1 minggu hingga 1 bulan.

Fitur yang kedua, pengguna akun WhatsApp di beberapa perangkat atau multiple devices. Fitur ini angka memungkinkan satu akun bisa dipakai di perangkat lain secara bersama.

Nantinya akan ada pemberitahuan dan permintaan izin kepada pemilik akun bahwa ada device baru yang menggunakan akun tersebut. Hal ini karena adanya perubahan kunci enkripsi.

Selama ini akun WhatsApp hanya bisa dipakai di satu ponsel saja dan WhatsApp Web di komputer atau laptop. Bila ingin menggunakan perangkat lain pengguna harus menghapus aplikasi di perangkat lama terlebih dahulu.

Fitur-fitur ini belum rilis secara global. Tetapi sudah bisa dinikmati jika kamu ikut dalam WhatsApp beta program yang mendaftar lewat Google Play Store. Fitur ini ada di WhatsApp beta versi 2.20.110 untuk android.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading