Canggih! Negara Ini Pakai Ponsel Warga Buat Lacak Corona

Tech - CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
26 March 2020 10:15
Taiwan, Iran Hingga Singapura

Taiwan, Iran Hingga Singapura

Taiwan

Taiwan menggunakan data lokasi pengguna ponsel untuk memantau warga dan menentukan siapa saja yang perlu tetap di rumah melakukan karantina mandiri.

Sistem ini memonitor sinyal telepon dan melibatkan polisi. Jika ada warga yang dikarantina menjauhi rumah mereka maka telepon mereka akan langsung mati dan polisi akan mendatangi lokasi warga dalam 15 menit.


Iran

Iran mengklaim juga memonitor warganya melalui data ponsel. Warga Iran diminta menginstal aplikasi bernama AC19 di ponsel yang data lokasinya akan diambil oleh aplikasi ini dan dilaporkan kepada pemerintah.

Melansir Vice, aplikasi diklaim bisa mendeteksi apakah orang terinfeksi corona atau tidak dalam hitungan detik. Aplikasi ini juga akan memberikan referensi apakah warga harus segera pergi ke rumah sakit atau karantina mandiri.

Singapura

Singapura baru saja meluncurkan aplikasi TraceTogether yang fungsinya mengidentifikasi orang-orang yang mungkin terpapar corona. Aplikasi ini bekerja dengan memanfaatkan sinyal Bluetooth yang terhubung dari satu ponsel ke ponsel lain dengan jarak maksimal 2 meter.

Saat ada orang terdeteksi terinfeksi corona, pemerintah akan menghubungi warga yang dekat dan meminta untuk menyetorkan data lokasi ponsel ke pemerintah untuk melakukan pelacakan dan interaksi yang pernah dilakukan.



(roy/roy)
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading