Corona Hambat Ambisi Huawei Jadi Raja Ponsel, Disalip Xiaomi

Tech - CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
24 March 2020 15:09
Corona Hambat Ambisi Huawei Jadi Raja Ponsel, Disalip Xiaomi
Jakarta, CNBC Indonesia - Penyebaran virus corona COVID-19 yang masif di China membuat produsen ponsel Huawei Technologies babak belur. Namun kondisi ini malah jadi peluang bagi Xiaomi untuk menyalip Huawei.

Berdasarkan riset Strategy Analytics menyebutkan pada Februari 2020 pengiriman (pengapalan) smartphone dunia anjlok hingga 38% secara tahunan (yoy) atau menjadi 62 juta unit.


Di saat yang sama, pengiriman dan penjualan ponsel anjlok masing-masing 69% dan 64% secara tahunan. Ini karena Huawei sangat bergantung pada pasar China setelah tak mendapatkan lisensi Android dari Google.


Adapun pengiriman dan penjualan Xiaomi pada Februari turun 32% dan 29% secara tahunan, namun penurunan yang lebih dalam dari Huawei membuat Xiaomi berhasil menyabet posisi tiga pengiriman ponsel terbesar di dunia yang selama ini dipegang oleh Huawei.

Pengiriman ponsel Huawei di Februari mencapai 5,5 juta unit atau turun 6,7 juta unit dari bulan sebelumnya. Adapun pengiriman ponsel Xiaomi turun 4 juta menjadi 6 juta unit. Selisih pengiriman Xiaomi dan Huawei hanya 500.000 unit, seperti dilansir dari laporan Strategy Analytics, Selasa (24/3/2020).

Adapun Samsung dan Apple masih nyaman diposisi puncak sebagai vendor ponsel dengan pengiriman terbesar di dunia. Pengiriman ponsel Samsung Februari 2020 mencapai 18,2 juta unit dan Apple 10,2 juta unit.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading