Disebut Obat Corona, Chloroquine Dijual Bebas di e-Commerce

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
23 March 2020 19:22
Beredar kabar Klorokuin (chloroquine) jadi obat penyembuh virus corona COVID-19. PT Kimia Farma pun diketahui telah memproduksi secara massal obat tersebut.
Jakarta, CNBC Indonesia - Beredar kabar Klorokuin (chloroquine) jadi obat penyembuh virus corona COVID-19. Perusahaan farmasi asal Indonesia, PT Kimia Farma pun diketahui telah memproduksi secara massal obat tersebut.

"Saya sampaikan berkaitan dengan dengan chloroquine, barang ini produksi negara kita, produksi Indonesia, produksi Kimia Farma," kata Jokowi dalam Ratas, Senin (23/3/2020).


"Yang pertama, saya sampaikan klorokuin ini adalah bukan obat first line, tapi obat second line, karena memang obat COVID-19 ini belum ada, dan juga belum ada anti virusnya," tambahnya.


Walau sejauh ini belum ditemukan antivirus untuk mengatasi virus Corona (COVID-19) ini. Namun dari pengalaman beberapa negara, klorokuin bisa dipakai untuk menyembuhkan pasien Corona.

"Pengalaman beberapa negara, klorokuin digunakan dan banyak pasien COVID sembuh dan membaik kondisinya," ujar Jokowi.

"Ini bukan obat bebas. Penggunaannya harus dengan resep dokter. Pemerintah memiliki stok 3 juta. Jadi untuk pasien COVID-19 yang ada di RS jika dianggap dokter klorokuin cocok untuk pasien tersebut, pasti akan diberikan."

Asal tahu saja, Chloroquine atau Klorokuin dikenal sebagai obat anti malaria. Obat ini termasuk obat keras. Untuk mengkonsumsinya butuh resep dokter karena memiliki efek samping yang bisa memengaruhi orang tubuh lain.

Berdasarkan hasil penelusuran CNBC Indonesia, obat Klorokuin atau Chloroquine ternyata sudah dijual di e-commerce atau toko online. Harga jual beraneka ragam. Mulai dari 50 ribu sampai ratusan ribuan.

Disebut Obat Corona, Chloroquine Dijual Bebas di e-CommerceFoto: Ist

Salah satunya akun pelapak Setio Bambang di Bukalapak yang menjual obat cloroquine seharga Rp 281.000. Ia tidak memberikan deskripsi yang jelas mengenai produk tersebut tetapi menyebut obat ini sebagai kina malaria.

Disebut Obat Corona, Chloroquine Dijual Bebas di e-CommerceFoto: Ist

Selanjutnya pemilik akun ratnapangestuti yang menjual chloroquine phosphate di Shopee seharga Rp 62 ribu per strip. Obat ini dideskripsikan sebagai obat anti malaria dan anti corona.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading