Corona, Bill Gates Pilih Social Distancing dari Lockdown?

Tech - CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
19 March 2020 10:36
Pendiri Microsoft Bill Gates angkat suara mengenai kebijakan yang tepat untuk melawan virus corona COVID-19.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri Microsoft Bill Gates angkat suara mengenai kebijakan yang tepat untuk melawan virus corona COVID-19. Orang terkaya nomor dua di dunia ini lebih pilih lockdown atau social distancing?

"Jika suatu negara melakukan pekerjaannya dengan baik, dengan pengujian dan 'shutdown' dalam 6-10 minggu mereka akan melihat jumlah kasus yang berkurang banyak dan bisa kembali membuka negaranya," ujar Bill Gates seperti dilansir dari CNBC International, Kamis (19/3/2020).


Jawaban ini disampaikannya dalam sesi tanya-jawan di forum diskusi Reddit. Dalam forum ini Bill Gates mengizinkan semua orang bertanya soal tanggapannya mengenai kasus corona.


Bill Gates memang dikenal dengan perhatian yang tinggi pada kesehatan selama bertahun-tahun melalui yayasan nirlaba Bill and Melinda Gates.

Dalam Reddit, Bill Gates menjelaskan soal maksud pernyataannya soal shut down.

"Saat ini fase di mana banyak kasus terjadi di negara-negara kaya. Dengan tindakan yang tepat termasuk pengujian dan social distancing (yang saya sebut 'ditutup') dalam 2-3 bulan, negara-negara kaya seharusnya dapat terhindar dari infeksi tingkat tinggi, "tulis Bill Gates.

"Saya khawatir tentang semua kerusakan ekonomi tetapi yang lebih buruk adalah bagaimana ini akan mempengaruhi negara-negara berkembang yang tidak dapat melakukan social distancing dengan cara yang sama seperti negara-negara kaya dan yang kapasitas rumah sakitnya jauh lebih rendah."

Social distancing merupakan strategi kesehatan publik yang direkomendasikan publik untuk mencengah, melacak dan menghambat penyebaran virus.

Caranya dengan menjaga jarak dengan mereka yang sedang sakit. Termasuk tidak menghadiri pertemuan dengan jumlah banyak seperti konser, festival, konferensi, ibadah atau acara olahraga. Tujuannya agar virus tersebut tidak tertular ke orang yang sehat.

Menurut WHO dalam kasus corona, masyarakat harus menjaga jaga minimal 2 meter dari orang lain ketika berinteraksi dan Jangan bersentuhan

Bagi mereka yang merasa terinfeksi dan sudah terinfeksi harus mengisolasi diri secara mandiri.

Sementara lockdown adalah adakah sebuah kebijakan ketika negara menutup diri dari pendatang luar negeri dan membatasi mobilitas warga negaranya.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading