Ini Janji Jokowi untuk Microsoft yang Mau Bangun Data Center

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
27 February 2020 12:21
Ini Janji Jokowi untuk Microsoft yang Mau Bangun Data Center
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan menyelesaikan masalah perizinan untuk memuluskan rencana Microsoft yang berkomitmen untuk menanamkan modal di Indonesia.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat melakukan pertemuan dengan CEO Microsoft Satya Nadella di sela pagelaran Indonesia Digital Economy Summit 2020 di The Ritz-Carlton Hotel, Pasific Place, Jakarta.

"Tadi pagi setelah berdiskusi dengan CEO Microsoft, Mr Satya, intinya mereka ingin investasi di data center," kata Jokowi, Kamis (27/2/2020).


Rencana raksasa teknologi asal Negeri Paman Sam, Microsoft memang sudah menaruh minat membangun data center di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, mereka siap menggelontorkan dana hingga US$ 1 miliar.

Jokowi pun menyambut baik rencana tersebut. Namun, eks Gubernur DKI Jakarta itu tak memungkiri saat ini Indonesia sedang membahas rancangan undang-undang perlindungan data pribadi.

"Saya sampaikan kita juga masih mengajukan UU untuk perlindungan data pribadi ke DPR. Tetapi Microsoft ingin segera investasi di Indonesia," ujar Jokowi.



Menyambut rencana tersebut, Jokowi berjanji akan menyelesaikan masalah tersebut dalam satu minggu ini. Ia akan mengeluarkan sebuah regulasi yang memudahkan investasi di bidang data center.

"Sehingga dalam seminggu ini akan kita putuskan untuk membuat sebuah regulasi sederhana yang mendukung investasi yang berkaitan dengan data center," kata Jokowi.

[Gambas:Video CNBC]



(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading