Amazon Janji Investasi di BUMN, Sektor Apa?

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
20 February 2020 11:58
Amazon Janji Investasi di BUMN, Sektor Apa?
Jakarta, CNBC Indonesia - Kepala BKPM Bahlil Lahadalia melaporkan pencapaiannya pada 100 hari kerja di Kabinet Indonesia Maju. Salah satu yang disebut Bahlil adalah, Amazon sudah menjalin kerja sama dengan salah satu Badan Usaha Miliki Negara (BUMN).

Kendati demikian, Bahlil tidak merinci, investasi apa yang ditanamkan oleh Amazon pada BUMN tersebut.


"Amazon sudah bekerja sama dengan BUMN dan saya bilang, tinggal pergi saja izin sama BUMN dan izin akan dikeluarkan," jelas Bahlil dalam Rakornas BKPM, Kamis (20/2/2020).


Di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bahlil juga pamer, dirinya telah berhasil menyelesaikan beberapa investasi mangkrak. Di antaranya adalah Lotte yang sudah berinvestasi sebesar US$ 4,2 miliar. Padahal sebelumnya, perusahaan asal Korea ini sulit untuk membebaskan tanah di Banten.

Bahlil mengatakan, di tangannya, perizinan lahan di Lotte tersebut berhasil diselesaikan. "Lewat rekomendasi BKPM, proses itu dapat diselesaikan," ujarnya.

Bahlil juga melaporkan bahwa realisasi investasi pada 2019 sebesar Rp 806,2 triliun atau telah mencapai 102,2% dari target investasi 2019. Realisasi investasi tersebut mampu menyerap 1,35 juta. Namun, masih ada investasi mangkrak sebesar Rp 738 triliun.

Investasi yang mangkrak, masalahnya karena ada beberapa, kata Bahlil. Di antaranya ego sektoral antar kementerian dan peraturan di daerah, di mana Bupati-Walikota yang tidak kompak bekerja.

"Bupati-Walikota. yang mempunyai kewenangan pemegang surat, kadang surat gak selesai-selesai. Karena kadang capnya di Bupati, tapi Bupati tidak ada di kantornya," jelasnya.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading