Apa Sebenarnya Manfaat Dark Mode WhatsApp? Ini Penjelasannya

Tech - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
15 February 2020 15:35
Apa Sebenarnya Manfaat Dark Mode WhatsApp? Ini Penjelasannya
Jakarta, CNBC Indonesia - Tren dark mode alias mode gelap kini banyak diterapkan oleh berbagai aplikasi, media sosial, hingga pada sistem operasi ponsel dan komputer sekalipun.

Biasanya, mode gelap memberikan tampilan latar belakang berwarna hitam atau abu-abu dengan teks berwarna putih. Tak hanya menambah tampilan yang lebih menarik, mode gelap juga dapat membuat baterai lebih tahan lama dan nyaman di mata.

Tak mau ketinggalan, aplikasi pesan singkat WhatsApp pun akan segera memiliki fitur tersebut. Melansir WaBetaInfo, fitur Dark Mode sudah dirilis sejak 21 Januari kemarin di WhatsApp beta, dengan sebuah pembaruan yaitu fitur 'Dark Solid Colors'.



Fitur ini akan memungkinkan latar chat di Whatsapp diganti pilihan warna lain selain hitam, terutama pada versi WhatsApp Beta minimal versi 2.20.31 di Android.

Mode gelap dengan latar belakang hitam ini diklaim bisa bikin mata kita tidak cepat lelah, bahkan katanya lebih baik buat kesehatan mata karena mengurangi pancaran sinar berlebihan dari layar. Observer juga menulis bahwa dark mode sedikit banyak meredam emosi netizen saat bersosial media. Sehingga pecinta tubir bisa diredam kemarahannya dengan mode ini

Selain alasan kesehatan mata, mode gelap juga berhubungan erat dengan kesehatan baterai ponsel. Makin sedikit pixel yang dipakai, makin awet penggunaan baterai. Artinya layar LED ponsel nggak bekerja ekstra kalau kita pakai mode gelap di hampir semua aplikasi.

Dark Mode akan memiliki sejumlah warna, seperti warna merah gelap, hijau gelap, dan lain-lain. Untuk kalian yang mau mencoba dark mode pada pembaruan itu di WhatsApp beta, berikut langkah-langkahnya:


1. Update WhatsApp Beta
Untuk bisa mendapatkan fitur dark mode dengan pilihan warna tersebut, langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mengupdate WhatsApp beta menjadi tipe 2.20.31 di Android.


2. Cara memperoleh WhatsApp beta versi terbaru
Untuk mendapatkan versi WhatsApp beta terbaru, kalian bisa mengunjungi Google Play Beta Program atau APK Mirror.

Setelah file aplikasi WhatsApp beta selesai diunduh, kamu bisa membuka file dan menginstalnya guna mengganti versi WhatsApp yang sudah ada sebelumnya.


3. Cara mengaktifkan Dark Mode

Selanjutnya, fitur Dark Mode bisa diperoleh dengan mengklik settings pada aplikasi WhatsApp beta. Urutannya adalah Settings > Chats > Theme > Dark.

Sedangkan untuk Dark Solid Colors, urutannya adalah Settings > Chats > Wallpaper > Solid Color. Tanpa perlu menunggu lama, tampilan WhatsApp berubah menjadi lebih gelap.

Sebelumnya, pengguna tak perlu khawatir data terhapus saat mengubah versi ke WhatsApp Beta. Data dan seluruh percakapan tetap aman dan tidak hilang.

Namun pengguna juga harus bersiap menghadapi berbagai masalah karena fitur tersebut belum sempurna, sebab masih dalam tahap pengembangan, dan dipastikan masih masih memiliki bug di dalam aplikasi tersebut.


[Gambas:Video CNBC]



(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading