Sudah Dimulai! Pemberangusan WhatsApp di Ponsel Ini

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
03 February 2020 15:46
WhatsApp Android dan iPhone tak bisa digunakan? Mungkin ini karena ponsel lawas Anda haru segera di update karena sistem operasi (OS) di smartphone.
Jakarta, CNBC Indonesia - WhatsApp Android dan iPhone tak bisa digunakan? Mungkin ini karena ponsel lawas Anda haru segera di update karena sistem operasi (OS) yang digunakan smartphone kamu tak lagi didukung Facebook.

Mulai 1 Februari 2020, Whatsapp telah menghentikan layanannya pada ponsel lawas yang menggunakan sistem operasi Android versi 2.3.7 Gingerbread atau iOS 8 ke bawah. Jika masih menggunakan OS dan iOS tersebut, ponsel kamu tak bisa diverifikasi dan membuat akun baru.


"Karena kami tidak lagi mengembangkan secara aktif untuk sistem operasi ini, beberapa fitur mungkin berhenti berfungsi kapan saja," kata WhatsApp dalam posting blognya. "Untuk pengalaman terbaik, kami sarankan Anda menggunakan versi terbaru iOS atau Android yang tersedia untuk ponsel Anda."


Whatsapp sendiri menyarankan pengguna untuk update sistem operasi ke Android versi 4.0.3 (Ice Cream Sandwich) dan ke atas, iOS 9 dan beberapa pengguna KaiOS 2.5.1 ke atas termasuk JioPhone 2.

"Sistem operasi yang tidak memiliki pembaruan terkini membuat Anda berisiko, karena mereka memiliki banyak kerentanan yang diketahui," kata pakar keamanan, John Opdenakker, seperti dilansir dari Forbes, Senin (3/2/2020).

Beberapa ponsel memang bisa mengupgrade sistem operasinya, namun bagi pengguna iPhone, iPhone 3G, iPhone 3G S, dan iPhone 4 tidak akan bisa lagi menikmati WhatsApp sebab Apple sudah berhenti mengirimkan pembaruan iOS. OS tertinggi pada ponsel ini adalah iOS 8.

Agar WhatsApp di ponsel tidak tiba-tiba lumpuh, ada baiknya kamu mengecek versi sistem operasi yang digunakan ponselmu.

Caranya cukup mudah. Untuk pengguna Android tinggal pilih Setting (Pengaturan) lalu klik About Phone (Tentang Ponsel). Di sini nanti akan terlihat OS semua informasi mengenai ponsel termasuk sistem operasi (OS) yang digunakan.

Bagi pengguna iPhone tinggal masuk ke General (Umum) kemudian klik About (Mengenai). Pengguna akan disuguhkan semua informasi tentang iPhone termasuk versi iOS yang digunakan.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading