HP Jeff Bezos Dibobol Hacker, Bos Telegram: WhatsApp Bersalah

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
03 February 2020 12:56
CEO Telegram Pavel Durov mengomentari pernyataan WhatsApp yang menyebut aplikasi chatting ini tak salah dalam kasus pembobolan iPhone X milik Jeff Bezos.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri dan CEO Telegram Pavel Durov ikut mengomentari pernyataan petinggi WhatsApp yang menyebut aplikasi chatting milik Facebook ini tak salah dalam kasus pembobolan ponsel iPhone X milik CEO Amazon Jeff Bezos, kerentanan malah ada di Apple.

Menurut Pavel Durov dalam postingan blog berjudul "Why Using WhatsApp is Dangerous" kerentanan keamanan justru ada di WhatsApp. Ada dua alasan kenapa kerentanan tersebut ada di aplikasi chatting milik Facebook ini.

Pertama, kerentanan "video korup" WhatsApp hadir tidak hanya di iOS, tetapi juga di Android dan bahkan perangkat Windows Phone. Artinya, di semua perangkat seluler di mana ada aplikasi WhatsApp terpasang. Kedua, kesalahan keamanan ini tidak ada pada aplikasi perpesanan lain di iOS.


"Jika Jeff Bezos mengandalkan Telegram alih-alih WhatsApp, ia tidak akan diperas oleh orang-orang yang mengkompromikan komunikasinya. Masalah ini tidak khusus untuk iOS, tetapi spesifik untuk WhatsApp," jelas Pavel Durov dalam postingan blog-nya seperti dilansir Senin (3/2/2020).

Sebelumnya tim cyber security yang dibayar Jeff Bezos mengungkapkan ponsel iPhone X orang terkaya di dunia ini dibajak menggunakan file video yang dikirimkan akun WhatsApp Pangeran Arab Saudi Muhammed Bin Salman. Arab Saudi sendiri membantah laporan tersebut.

Wakil Presiden Facebook, Nicola Mendelsohn, mengatakan kalau masalah terjadi bukan karena lemahnya sistem keamanan WhatsApp, melainkan pada sistem operasi pada ponsel milik Jeff Bezos, yakni iOS.

"Satu hal yang perlu diperhatikan sebenarnya beberapa kerentanan yang ada itu berada di sistem operasi yang ada di smartphone," kata Nicola di ajang World Economic Forum, dikutip dari Phonearena, (3/2/2020).

Sama halnya dengan pernyataan Nicola, saat diwawancari oleh BBC, kepala komunikasi Facebook, Nick Clegg pun turut menyebutkan bahwa peretasan terjadi karena celah keamanan dari sistem operasi ponsel Bezos.

"Kedengarannya seperti terjadi di [iOS], Anda tahu, apa yang mereka sebut sistem operasi. Tidak mungkin itu bisa terjadi [peretasan], ketika pesan dikirim dalam perjalanan, karena itu end-to-end dienkripsi di WhatsApp," ujar Nick.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading