Kabar Baik! WhatsApp Batal Cari Duit Lewat Iklan

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
17 January 2020 10:23
Kabar Baik! WhatsApp Batal Cari Duit Lewat Iklan
Jakarta, CNBC Indonesia - Rencana Facebook cari uang dari WhatsApp dengan iklan dikabarkan batal. Awalnya iklan yang menyusup ke WhatsApp akan diterapkan pada tahun ini.

Menurut The Wall Street Journal, tim yang bekerja membangun iklan ke WhatsApp telah dibubarkan dalam beberapa bulan terakhir. Pekerjaannya telah dihapus dan tidak akan digunakan.


Dikutip dari TheVerge, (17/1/2020), sebenarnya Facebook masih memiliki  hasrat untuk mengintegrasikan iklan ke fitur WhatsApp Status, tetapi untuk saat ini atau waktu yang belum ditentukan, WhatsApp akan terus bebas dari iklan.


Kepada Business Insider, Juru Bicara Facebook mengatakan sekarang WhatsApp akan fokus untuk membangun fitur yang menjembatani pelaku bisnis berkomunikasi dengan pelanggan di dalam applikasi disamping mengembangkan sistem pembayaran di negara lain.

Menurutnya iklan akan menjadi peluang jangka panjang dan belum ditetapkan waktu penerapannya di dalam platform.

Informasi tambahan, jauh sebelum Facebook  ingin memonetisasi WhatsApp. Pendiri WhatsApp telah memiliki cara untuk mendapatkan keuntungan yaitu dengan dengan mematok biaya berlangganan sebesar US$ 1 atau setara Rp 14.000 per tahun bagi pengguna.

Rencana monetisasi WhatsApp dengan iklan ini pun memunculkan perdebatan panas dan membuat dua pendiri perusahaan, Brian Acton dan Jun Koum meninggalkan perusahaan.

Keduanya tak sepakat dengan kehadiran iklan dalam platform chatting ini sementara Mark Zuckerberg ingin segera monetisasi ini dilakukan, seperti dikutip dari Forbes, Rabu (8/1/2020).

WhatsApp sendiri didirikan oleh Brian Acton dan Jun Koum pada 2009 silam. Plaform ini kemudian diakuisisi Facebook pada 2014 senilai US$ 19 miliar dalam bentuk sebagian uang tunai dan saham Facebook.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading