Selain Buat Perang, Drone Bisa Digunakan Untuk 6 Hal Ini

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
07 January 2020 14:25
Ternyata drone tak hanya bisa digunakan untuk perang. Drone juga bisa digunakan untuk hal lain. Simak nih kegunaan lain drone.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pesawat tanpa awak atau yang lebih dikenal dengan sebutan drone kini mendapat perhatian lebih. Pasalnya, baru-baru ini Amerika Serikat (AS) berhasil menewaskan pemimpin militer Iran dengan sebuah drone.

AS sendiri menggunakan drone tempur bernama MQ-9 Reaper. Drone ini terbang nyaris tanpa suara dan meluncurkan misil Hellfire yang menghancurkan konvoi mobil Jenderal Iran tersebut.


Selain digunakan untuk berperang, sebenarnya drone memiliki fungsi-fungsi lain untuk membantu aktivitas sehari-hari. Berikut 


1. Foto Dan Video

Hal yang paling umum bila terbesit kata 'drone' adalah alat yang digunakan untuk menangkap foto dan video dari ketinggian bukan?

Nah, di Indonesia sendiri penggunaan drone telah banyak digunakan untuk kepentingan komersial seperti program televisi ataupun membuat video company profile.

Seorang videografer dan pliot drone profesional bernama Lucky Reinhart Usmany,  mengungkapkan bahwa para pilot yang memiliki jam terbang tinggi atau tersertifikasi biasanya dibayar dengan khusus. Skemanya yakni per projek atau per baterai yang digunakan.

Kalau untuk baterai biasanya range-nya Rp 1 juta dalam durasi 30 menit. Kalau per projek Rp 3 juta hingga Rp 8 juta. Namun lagi-lagi itu kembali pada tingkat kesulitan di atas udara.

2. Pengiriman Barang

Wing, perusahaan startup milik Alphabet Google telah meluncurkan layanan pengiriman barang berbasis drone di ibu kota Australia, Canberra.

Dalam postingan blog-nya, Selasa (9/4/2019), Wing mengatakan layanan ini memungkinkan pengguna memesan barang-barang termasuk makanan segar, kopi, dan barang-barang kimia bebas pakai menggunakan aplikasi seluler.

Setelah pesanan dilakukan, sebuah drone akan dapat melakukan pengiriman dalam beberapa menit. Pada tahap awal ini pengiriman akan dibatasi ke beberapa rumah yang memenuhi syarat di tiga kota pinggiran: Crace, Palmerston dan Franklin.

3. Distribusi Kantung Darah

Pemerintah berencana untuk menyediakan pesawat tanpa awak (drone) yang akan digunakan untuk mendistribusikan kantung-kantung darah ke wilayah terpecil dan sulit akses.

Nantinya, menurut dia, distribusi kantong darah menggunakan drone tersebut akan disalurkan ke puskesmas-puskesmas di wilayah terpencil.
Sementara untuk saat ini, pihaknya belum bisa menyebut partner penyedia jasa drone.

Sebagai tambahan informasi, kapasitas barang yang akan dibawa oleh drone tersebut maksimal seberat 2 kilogram. Rencananya, uji coba akan dilakukan segera dengan empat wilayah utama, yaitu di Kepulauan Riau, Maluku, Papua, dan Madura. Sementara luas jangkauan area drone dapat mencapai area hingga 75 kilometer.

4. Fashion Show
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading