Menkominfo Mau Turun Tangan Buka Blokir Netflix di Telkom Cs?

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
06 January 2020 16:29
Menkominfo Mau Turun Tangan Buka Blokir Netflix di Telkom Cs?
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah telah memblokir web streaming film ilegal IndoXXI. Namun warganet (netizen) masih mengeluh soal diblokirnya Netflix oleh Telkom dan anak usahanya seperti Telkomsel dan IndoHome. Akankah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) turun tangan selesaikan masalah ini?

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny Gerald Plate mengatakan Netflix tidak diblokir oleh oleh Telkom Group. Mereka hanya belum menyelesaikan masalah bisnis antar mereka.


"Kalau business to business selesaikan secara bisnis. Kalau business to business itu kan ada pertimbangan benefit (keuntungan) masing-masing. Tapi jangan sampai Telkomsel dibilang blokir Netflix. Enggak begitu juga, bicarakanlah supaya saling mendapatkan manfaat," ujar Johnny Plate di Istana Negara, Jakarta, Senin (6/1/2020).


Johnny menambahkan jalan keluar dari masalah ini adalah duduk bareng dan membicarakan semuanya dengan Telkom Group.

Selain itu, Johnny juga menghimbau agar Netflix di Indonesia menggunakan hasil kreativitas di dalam negeri. Ia bahkan meminta tayangan original Netflix untuk sementara tidak ditayangkan di Indonesia.

"Kalau bisa gunakan dulu hasil kreativitas anak Indonesia sendiri dulu. Tolong gunakan juga hasil dari kreativitas di dalam negeri untuk mencipakan kreativitas dalam negeri dan menggunakan nilai-nilai dalam negeri serta mendorong pasar [film] dalam negeri," jelasnya.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading