Bahaya, Aplikasi Ini Harusnya Tak Diinstall dari Play Store

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
27 December 2019 06:30
Jakarta, CNBC Indonesia - Pengguna android harus berhati-hati install aplikasi di ponsel. Sebab perusahaan cybersecurity, White Ops mengidentifikasi 116 aplikasi yang mengandung malware yang membuat perangkat dihujani iklan.

116 aplikasi ini tersedia secara resmi di Google Play Store atau toko aplikasi resmi milik Google dan sudah diunduh (download) lebih dari 4,6 juta kali.


Salah satu aplikasi yang mengandung malware adalah Best Fortune Explorer. Berdasarkan penelusuran White Ops aplikasi ini menawarkan kesempatan membaca keberuntungan seseorang. Tetapi aplikasi ini tak bisa digunakan.


Nah, jika pengguna mengunduh aplikasi ini, iklan bakal terus berdatangan dan mengganggu kenyamanan. Best Fortune Explorer disebut-sebut bisa menampilkan iklan layar penuh yang berlangsung hingga 20 detik dan mengganggu pengguna.



"Perilaku sembunyi-sembunyi itu sangat krusial, karena ini menunjukkan bahwa para penipu makin pintar. Mereka mencoba memperlambat proses analisis dengan taktik ini," kata peneliti White Ops John Laycock, seperti dikutip dari Forbes, Jumat (27/12/2019).

White Ops sudah memberitahukan aplikasi ini ke Google. Namun, sebagian aplikasi dari total 116 aplikasi jahat ini masih ada di Play Store.

[Gambas:Video CNBC]




Hapus Aplikasi Ini
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading