Senjata BRI Group 'Lawan' Fintech Lending: CERIA & PINANG

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
12 December 2019 18:09
BRI kini punya dua pinjaman online untuk menjangkau masyarakat di Indonesia dan jadi ancaman bagi fintech lending.
Jakarta, CNBC Indonesia - Menjadi bank yang fokus di sektor UMKM tak membuat BRI Group terbelakang dalam inovasi. Bahkan BRI Group menjadi grup konglomerasi perbankan pertama yang menghadirkan pinjaman digital.

Tak tanggung-tanggung, BRI Group kini memiliki dua layanan pinjaman digital. Pertama, PINANG (Pinjaman Tenang) miliki PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (AGRO), anak usaha Bank BRI.


Produk ini diluncurkan pada Februari 2019 dengan sistem digital verification, digital scoring, dan digital signature. PINANG mempercepat proses pengajuan sampai dengan pencairan kurang dari 10 menit, dengan tenor yang fleksibel antara 1 sampai 12 bulan.


Pengajuan dapat dilakukan tanpa harus ke bank dan tanpa tatap muka secara langsung. Plafon pinjaman pun dapat di top-up hingga maksimum Rp 20 juta dan memiliki bunga yang terendah dibandingkan dengan layanan keuangan digital serupa.


Kedua, CERIA milik PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI). Produk ini diluncurkan pada hari ini (12/12/2019). Direktur Konsumer Bank BRI Handayani menyebutkan bahwa pinjaman online CERIA ini diluncurkan untuk menyasar generasi milenial yang saat ini tengah tumbuh dengan pesat.

"Menyesuaikan dengan gaya hidup millenial yang serba praktis, aplikasi CERIA diciptakan sudah fully digital, dengan sistem digital verification, digital scoring, hingga digital signature," imbuhnya.


Dengan menggunakan teknologi yang mutakhir, CERIA mempercepat proses pengajuan pinjaman dengan waktu tak lebih dari 10 menit, dengan tenor yang fleksibel sampai dengan 12 bulan. Pengajuan dapat dilakukan tanpa harus ke bank dan tanpa tatap muka dengan petugas bank.

Dengan limit pinjaman hingga maksimum Rp 20 juta dan suku bunga yang kompetitif dibandingkan pinjaman online sejenis, saat ini masyarakat sudah dapat mengunduh CERIA melalaui smartphone dengan sistem operasi Android atau di Playstore.

Foto: Bank BRI meluncurkan pinjaman online yang diberi nama CERIA (Dok. BRI)

Pada peluncuran CERIA hari ini, Bank BRI memberikan program menarik yaitu cashback hingga Rp 2 juta di e-commerce Tokopedia, Panorama JTB, dan Dinomarket yang dapat dinikmati dengan metode pembayaran menggunakan CERIA. "Pada tahap awal, Bank BRI menargetkan 20.000 milenial nasabah Bank BRI dapat menikmati fasilitas CERIA ini," imbuhnya.


(roy/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading