Bos Ruang Guru Pakai Gaji Stafsus Jokowi Buat Ini

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
10 December 2019 18:28
Staf Khusus milenial Presiden Joko Widodo, Belva Devara meluncurkan program pengembangan kapasitas generasi muda dan kompetisi online bernama CiptaNyata.
Jakarta, CNBC Indonesia - Staf Khusus milenial Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Belva Devara meluncurkan program pengembangan kapasitas generasi muda dan kompetisi online bernama CiptaNyata bagi masyarakat Indonesia yang memiliki minat kewirausahaan atau sedang menjalankan usaha UMKM.

Dana untuk membuat program tersebut diluncurkan berasal dari gajinya sebagai stafsus Jokowi. Dua peserta yang terpilih setiap bulannya dalam program CiptaNyata akan mendapatkan bantuan pendanaan masing-masing sebesar Rp 20 juta dan program pengarahan atau mentorship langsung oleh praktisi dari lini usaha yang diajukan.


Program CiptaNyata sendiri lahir dari pengalaman dan perjuangan Belva, pendiri dan direktur utama Ruangguru, dalam merintis usaha aplikasi belajarnya.


Pada tahap awal, program ini akan berjalan selama enam bulan. Pendaftaran program CiptaNyata fase pertama akan dibuka di bulan Desember 2019 dan siapapun memiliki kesempatan untuk menjadi pemenang.

Dengan tema bulan Desember, yaitu fesyen dan busana, peserta dapat mengunggah proposal usaha serta video untuk menjelaskan bidang usaha tersebut secara rinci dan terstruktur. Tahap selanjutnya adalah proses seleksi dan penilaian di mana dokumen peserta yang masuk akan dinilai oleh Dewan Juri.

Bos Ruang Guru Pakai Gaji Stafsus Jokowi Buat IniFoto: Infografis/Stafsus Milenial Presiden/Edward Ricardo

Terakhir, Dewan Juri akan memilih dua pemenang untuk setiap kategori setiap bulannya. Dua pemenang akan mendapatkan masing-masing dana sebesar Rp20 juta serta mendapatkan pengarahan langsung dari para mentor. Dana akan diberikan dalam 2 tahap dalam 2 bulan. Tahap pemberian dana pertama akan dilakukan setelah pemenang diumumkan. 

Pemenang yang terpilih juga diwajibkan untuk membuat video perkembangan bisnisnya yang akan diunggah di situs CiptaNyata. Video tersebut berfungsi sebagai bentuk pertanggungjawaban pemenang dalam menjalankan bisnisnya sekaligus menjadi role model menyebarkan ilmu yang didapat melalui program ini kepada masyarakat yang lebih luas.

"Saya menyadari bahwa kapasitas saya sebagai Staf Khusus Presiden kini mengizinkan saya untuk menyapa lebih banyak lagi masyarakat Indonesia, dan saya ingin menggunakan kesempatan itu untuk bisa menyebarkan semangat inovasi dan kewirausahaan seluas-luasnya, khususnya pada generasi muda," ujar Belva, (10/12/2019)

Simak video tentang Stafsus milenial Jokowi di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya

Achmad Zaky Resign dari CEO Bukalapak & Isu Gabung Tim Jokowi


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading