Tinggalkan Posisi CEO Bukalapak, Achmad Zaky: Saya Legowo

Tech - Herdaru Purnomo, CNBC Indonesia
10 December 2019 07:36
Tinggalkan Posisi CEO Bukalapak, Achmad Zaky: Saya Legowo
Jakara, CNBC Indonesia - Achmad Zaky sang Chief Executive Officer (CEO) Bukalapak memilih untuk mundur dari jabatannya dan digantikan oleh seorang bankir yakni Rachmat Kaimuddin dari Direksi Bank Bukopin.

Keputusan tersebut tidak mudah setelah melihat kiprah Bukalapak selama 10 tahun.

Keputusan tersebut sudah didiskusikan bersama oleh para pemegang saham dan dua co-founder lainnya. Adapun co-founder Bukalapak lainnya adalah Fajrin Rasyid yang menjadi Presiden Bukalapak dan Nugroho Herucahyono sebagai Chief Technical Officer (CTO).


"Desember 10 tahun yang lalu saya ingat sekali waktu itu kita lagi bikin koding untuk Bukalapak. Hingga kini, Bukalapak telah memberikan efek kepada jutaan masyarakat," kata Zaky kepada Pimpinan Media Massa di Jakarta, Senin Malam (9/12/2019).

Tinggalkan Posisi CEO Bukalapak, Achmad Zaky: Saya LegowoFoto: Pendiri Bukalapak Achmad Zaky (Kiri) Umumkan Rachmat Kaimuddin (Kanan) sebagai CEO baru (Dok. Bukalapak)


Bukalapak nantinya, sambung Zaky akan semakin dewasa. Sehingga lebih kepada mengejar target para pemegang saham salah satunya adalah mencetak laba.

"Bukalapak diharapkan akan semakin mature, bukan lagi anak kecil, kini dilepas orang tua dan berharap bisa mandiri. Bisa sustainable, dan profit. Bisa lebih clean," katanya.

Ia berharap juga sosok Rachmat Kaimuddin yang merupakan bankir professional bisa memenuhi tuntutan para pemegang saham. Nantinya, Bukalapak di bawah kendali Rachmat Kaimuddin bisa mempertanggungjawabkan capital yang sudah masuk.

"Untuk itu kita para founder sudah legowo. Hilangkan ego pribadi. Kita legowo kita beranikan diri, itu yang kita inginkan. Hadirnya sosok berpengalaman dan nantinya kita bisa loncat lebih tinggi," papar Zaky.

"Bukalapak tidak bisa terus bakar uang. Harus semakin mature, perusahaan tak bisa terus-terusan bakar uang. Harus ada return of investment," tegas Zaky.








(sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading