Blackpink ke Ronaldo, Kini Didi Kempot Jadi Ikon Shopee

Tech - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
06 December 2019 20:32
Blackpink ke Ronaldo, Kini Didi Kempot Jadi Ikon Shopee
Jakarta, CNBC Indonesia - Salah satu e-commerce di Indonesia, Shopee mengumumkan Didi Kempot sebagai brand ambassador baru mereka. Penyanyi yang sering dijuluki Lord of Broken Heart ini nantinya akan mewarnai kemeriahan pada Shopee 12.12 Birthday Sale.

Direktur Shopee Indonesia Handika Jahja mengatakan kolaborasi Shopee dengan Didi Kempot akan menghadirkan rangkaian inisiatif yang diharapkan dapat merangkul masyarakat, khususnya generasi penerus untuk melestarikan keanekaragaman budaya Indonesia.

"Shopee senang dapat bekerja sama dengan Didi Kempot, sosok ikonik yang memiliki dedikasi tinggi dalam memperkenalkan musik asli Indonesia. Keindahan budaya yang dimiliki Indonesia perlu diwariskan dari generasi ke generasi agar tidak hilang," ujarnya Jum'at (6/12/2019), dilansir dari detikcom.


Kolaborasi Shopee dengan Didi Kempot nantinya akan mengangkat kekayaan budaya Indonesia melalui rangkaian inisiatif menarik.


Sementara itu, sebagai Brand Ambassador baru, Didi Kempot mengungkapkan kesenangannya karena dapat bergabung dengan keluarga besar Shopee Indonesia. Selain bisa menunjukkan keanekaragaman budaya Indonesia, kolaborasi ini dapat mengangkat para seniman Indonesia.

"Ini merupakan pengalaman baru bagi saya bekerja sama dengan platform belanja online di Indonesia, dan saya berharap kolaborasi dengan Shopee dapat membawa budaya untuk lebih dekat dengan masyarakat dan memberikan pengaruh positif untuk mendukung pelestarian budaya Indonesia," tuturnya.

Sebelum Didi Kempot, Shopee pernah menjadikan grup girlband asal Korea Selatan, Blackpink dan pesepakbola profesional asal Portugis, Cristiano Ronaldo sebagai brand ambassador mereka.

Shopee menggaet Blackpink karena ingin menjaring konsumen yang menyukai K-pop. Sayangnya pada November 2018, saat menjadikan Blackpink sebagai brand ambassador, Shopee kena semprot Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) karena penayangan iklan Blackpink Shopee yang menuai reaksi negatif dari sebagian masyarakat.

Bahkan pihak Shopee mendapatkan panggilan dari KPI. Menurut Ketua KPAI, Susanto mengatakan pemanggilan pihak Shopee untuk meminta keterangan terkait iklan Blackpink yang disebut tidak sesuai dengan norma kesopanan.

Namun bukan tanpa sebab KPAI memanggil Shopee. Sebelumnya seorang warga bernama Maimon Herawati membuat petisi menolak iklan Blackpink yang menurutnya terlalu memperlihatkan kaki yang jenjang.

Atas petisi tersebut, pihak Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melayangkan teguran kepada 11 stasiun televisi swasta atas penayangan iklan Blackpink Shopee. KPI menilai, iklan tersebut menayangkan sekelompok wanita yang menyanyi dan menari dengan pakaian minim. Hal dinilai tidak memperhatikan aturan dan norma kesopanan.

Setelah Blackpink, Shopee menggaet Ronaldo sebagai brand ambassador pada Agustus lalu untuk kampanye kampanye belanja tahunan dari Shopee, 9.9 Super Shopping Day yang kebanyakan produk salenya diperuntukan kaum adam.

Walaupun hanya sebentar menjadi brand ambassador, Ronaldo dikabarkan berdampak positif pada bisnis e-commerce tersebut dengan mendongkrak pendapatan Shopee hingga 3 kali lipat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Sebagai informasi, di Birthday Sale 12.12 nanti yang akan ditayangkan di sejumlah televisi, para pengguna setia Shopee akan disajikan ke ambyaran musik asli Indonesia yang akan dibawakan oleh Didi Kempot. Rangkaian acaranya akan dikemas secara kreatif dengan mengambil inspirasi dari keindahan nusantara.

Deretan artis tanah air lainnya juga dipastikan akan hadir sebagai bintang tamu seperti Agnez Mo, Rossa, Via Vallen, Marion Bola dan Nella Kharisma. Dalam kemeriahan Shopee 12.12 Birthday Sale ini juga akan ada kejutan eksklusif dari GFRIEND.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading