Ibu Kota RI Bakal Dibikin A la Milenial, Caranya?

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
04 December 2019 18:23
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berharap ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur, designnya bisa mewadahi semua lapisan masyarakat. Termasuk kaum milenial. Gimana caranya?

Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Danis H Sumadilaga mengatakan pihaknya saat ini masih mendefinisikan seperti apa kehidupan para kaum milenial. 

Pasalnya berdasarkan referensi yang didapatkan oleh Kementerian PUPR, definisi kaum milenial itu berbeda. 


"Berdasarkan jurnal yang saya baca, milenial adalah mereka yang berusia 24-34 tahun dengan banyak jumlah 61 juta populasi," jelas Danis di kantornya, Kamis (4/12/2019). 


Pasalnya yang beredar saat ini, kata Danis kaum milenial adalah mereka yang berusia muda, berpenghasilan tinggi dan bekerja dengan menggunakan teknologi tinggi. 

Kendati demikian, di jurnal yang dia baca tersebut, hasil riset menunjukkan data yang malah bertolak belakang. 

"Di data itu menunjukkan, boro-boro mikirin IT, boro-boro ikutan marathon, atau penghasilan besar. Karena 38% lebih masih memikirkan basic life," tuturnya. 

Maka dari itu, Danis berharap dari sayembara design IKN yang sedang berlangsung saat ini, pihaknya bisa mendapatkan gambaran bagaimana design IKN yang cocok yang bisa mewadahi keinginan semua lapisan masyarakat. 

Dari sayembara tersebut, Danis mengatakan sudah ada 292 design yang sedang dilakukan evaluasi dan penilaian. Harapannya minggu ke-3 Desember nanti sudah ada 5 design yang terbaik untuk IKN. 

"Nanti akan maraton yang lolos administrasi sampe kepada 5 terbaik. Mudah-mudahan sesuai rencana, minggu ke-3 Desember akan kita umumkan," ujarnya. 

Saran dari Ahli Aksitektur
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading