Liu Weibing, Bos Baru Xiaomi Bermisi Geser Oppo-Vivo di China

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
04 December 2019 13:12
Liu Weibing, Bos Baru Xiaomi Bermisi Geser Oppo-Vivo di China Foto: Lu weibing (Xiaomitoday.com)
Jakarta, CNBC Indonesia - Chairman dan co-founder Xiaomi Inc Lei Jun memutuskan mundur dari posisi president Xiaomi China. Ia menunjuk Liu Weibing sebagai suksesornya. Lalu siapa Liu Weibing?

Liu Weibing sendiri bukan pemain baru dalam industri smartphone, ia memiliki pengalaman 20 tahun menggeluti bidang ini dan pernah menjabat sebagai Presiden Gionee.

Tidak banyak yang bisa ditemukan di internet tentang profilnya, namun lulusan Unitersitas Tsinghua ini cukup membawa perubahan besar di Redmi saat menjabat sebagai Manajer Umum Redmi.


Ketika menjabat, ia bertanggung jawab untuk membangun merek, desain produk, dan penjualan merek Redmi. Nantinya, Weibing akan langsung melapor hasil kinerjanya kepada Presiden dan co-founder Xiaomi, Lin bin. 


Liu Weibing juga memiliki pekerjaan berat karena Redmi sendiri sudah lepas atau berjalan secara independen dari Xiaomi. Hasil kerja pertamanya adalah mengusung Redmi Note 7 dan perubahan ini dianggap cukup sukses.

Sebagai pimpinan baru Xiaomi China, Liu Weibing memiki tugas berat. Yakni, membawa Xiaomi sebagai pemain utama di bisnis ponsel China. Maklum, China merupakan salah satu pasar utama China.

Berdasarkan analisa Canalys, pada kuartal III-2019 pengapalan ponsel ke China mencapai 97,8 juta unit. Huawei menguasai 42% peredaran ponsel di China di mana pada kuartal III ini pengapalan Huawei tumbuh 66% secara tahunan.

Xiaomi sendiri berada diperingkat keempat setelah Vivo dan Oppo. Pada kuartal lalu Xiaomi hanya mengirimkan 13,1 juta unit atau anjlok 33% dengan pangsa pasar turun dari 13,1% jadi 9%.

Pada kuartal III-2019, bisnis Xiaomi tumbuh 5,5% secara tahunan dan menjadi yang terlambat setelah perusahaan mencatatkan saham di bursa saham Hong Kong tahun lalu.

Selain Liu Weibing,, Chief Financial Officer (CFO) Zhou Capital akan dipromosikan sebagai President Bisnis Internasional Xiaomi, seperti dikutip dari TNW, seperti dikutip Senin (2/12/2019).

"Tahun depan akan menjadi tahun yang offensif bagi bisnis 5G Xiaomi dan juga akan menjadi tahun kunci bagi mobile ponsel + AIoT," tulis Lei Jun dalam surat internal perusahaan.

"Kami membutuhkan dukungan dari grup manajemen yang powefull (kuat), ini sangat perlu untuk melanjutkan vitalis inovasi organisasi yang dibawa dalam mekanisme rotasi kaderisasi."


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading