SoftBank Merger Yahoo Japan & Line, Nilainya Rp 420 T

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
18 November 2019 13:31
SoftBank Merger Yahoo Japan & Line, Nilainya Rp 420 T
Jakarta, CNBC Indonesia - SoftBank Corp berencana menggabungkan (merger) Yahoo Japan dan Line Technology untuk membentuk raksasa teknologi bernilai US$30 miliar (Rp 420 triliun), sebagai strategi untuk menghadapi persaingan terutama dari Rakuten Inc.

Dalam keterangan resminya, Yahoo Japan telah berganti nama menjadi Z Holdings Corps akan bergabung dengan Line, perusahaan milik Naver Corp dari Korea Selatan. Kesepakatan ini akan rampung pada Oktober 2020.


Perusahaan gabungan ini akan bernama Z Holdings Corp di mana Naver dan SoftBank memegang masing-masing 50% saham perusahaan. SoftBank dan Naver menguasai 37% saham Line Corps.


Line merupakan aplikasi chatting paling populer di Jepang dan sudah melebarkan layanan pembayaran berbasis QR Code bernama Line Pay. Layanan dompet digital ini mendapat rival dari PayPay.

Penggabungan ini adalah contoh terbaru dari tren konsolidasi di industri teknologi Jepang. Bulan ini SoftBank merampungkan akuisisi startup fasyen online Zozo Inc yang pendiri dan Mantan CEO-nya Yusaku Mazawa memutuskan untuk menjual sahamnya karena masalah dalam perusahaan.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading